Wednesday, February 1, 2017

The First Love < TFL >

Penantian ini Part 1

2005
Gadis Itu Unik!

Pertemuan Pertama Di sebuah Sekolah Induk SDN WADAS 1 Desa Wadas Teluk jambe, dikelas 3A disana ada sekumpulan kelompok belajar yang berisi 3 personil gadis belia dengan ketua personil bernama salsabila tatkala ia sering di sebut kuncinya anak-anak yang tertindas dari kelas 1 selalu jadi Bendahara tak tau kenapa dipilih jadi bendahara padahal dia tidak pelit , kedua temannya itu bernama Dini dan Inda itu nama panggilan mereka sehari-hari di sekolah .

salsabila yang nenek nya jadi guru di sekolah itu slalu ingin tau hal yang belum ia ketahui,  alias kepo kalau kata anak-anak jaman sekarang bilang ciyus miapah hhehehehe , inda anak seorang pak polisi yang lumayan tomboy, dan dini anak seorang guru yang hobynya main basket mereka bersahabat sudah lebih dari 5 tahun.

Tahun ajaran baru pun di mulai intan si gadis belia dengan perawakan gemuk , tinggi lucu dan chaby sering menjadi sorotan para guru-guru di sekolah karena prestasinya , dini si atlet banyak yang bilang dia mirip nabila syakieb wihh artis dong , inda si jago debating kalo soal debat kelompok dia jagonya. Ketiga gadis ini di persatukan tuhan bukan karena kebetulan mereka memang sudah berteman sedari dulu sejak masuk taman kanak-kanak , si intan yang tomboy slalu menjadi leader dikala ada event-event di sekolah . Dia dan kawan- kawan slalu menjadi tim yang tak terkalahkan … sedikit lebay gak apa-apa kan.

Intan yang slalu tak mau duduk di belakang paling anti kalau harus duduk di belakang kata dia sih gak enak gak bisa focus belajar ,   ingin paling depan dan special duduk harus di depan meja guru .

Intan, inda , dini tak pernah duduk di belakang, sekalinya duduk di belakang cuma  pas waktu istirahat  aja gabung sama genknya Okky itu lohh anak laki-laki yang mantannya segudang , buset dah banyak banget hehehe. Hobby nya main kelereng di depan kelas kalau lagi istirahat okky yang bintangnya aries domba dong hehehe ya gitu deh pertemanan mereka selama ini, intan dan okky sama-sama hobbynya tawuran sama anak impress menurut mereka anak-anak sekolah itu musuh bebuyutannya.

Namun meskipun hobbynya tawuran dan mainnya sama anak cowok tapi intan tetep girly kok tenang aja , dengan pipi chaby , rambut panjang hobbynya pake rok mini paling males pake yang panjang tetep berprestasi kok , nakal wajar masih anak-anak toh baru 10 tahun , gitu-gitu juga hobby masak-masakan n main bepe-bepean . Kalau dapet di hitung mainan nya sampe segudang.




Si gadis yang hobby belanja ini ternyata punya mantan udah 12 loh dari Tk , eh buset banyak banget mau di koleksi kata dia , masih bocah tapi kelakuan kaya anak SMA maklum gaulnya kan sama anak SMA . Tapi setelah mengenal Bimo , itu tuh anak yang baru pindahan 3 hari yang lalu dari lampung rumahnya deket intan yang suka duduk di belakang yang mantannya claras sama putri waktu belum pindah ke Wadas , Si Jago matematika di rapotnya nilai matematika gak pernah ada yang di bawah standar wow pinter juga ya .

Hari dimana intan berdebat dengan sahabat-sahabatnya , ketika intan akan melaksanakan acara kenaikan kelas dan intan menjadi orang terpenting di acara tersebut , pagi hari dengan sibuknya dan keteledoranya ada hal kecil yang menjadi bahan perdebatannya , intan lupa membawa perelatan untuk band , padahal dia sudah mengkontak rental band tersebut .

Cegreenmutz        :  “ Intan kebiasaan deh hal burukmu itu membuat kami semua kelimpungan , keteledoranmu itu loh yang hampir saja acara ini gagal , lain kali data harus di check ulang supaya tidak akan menimbulkan masalah yang lebih patal lagi , inget ya cantik jangan lagi ini terulang Cuma gara-gara hal kecil itu .“
Intan           : “Iya deh maaf tadi aku buru-buru jadi lupa mencheck ulang semua data , jadi tenang aja gak akan lupa lagi suer deh Janji ( tanpa muka bersalah ) “ intan langsung out gitu aja dari mereka , intan lupa baru aja janji tadi udah ingkar janjinya seharusnya sebelum pergi handphonenya di bawa eh malah dia tinggalin gitu aja , mereka pun kembali jengkel melihat kelakuan intan yang susah di rubah meski mereka ngomong sampai berbusa.

Acara itupun berjalan lancar meski tadi ada sedikit hambatan karena ulah intan , yang hampir saja membuat fatal dan hapir saja gagal . Intan intan mereka pun bangga padanya semua urusan keperluaan  acara tuntas dalam sehari , tapi itulah kebiasaan buruknya yang membuahkan hasil sempurna , keep aplaus untuk dia , tanpa dia acara tidak akan tertata rapih dan tentunya berkat bantuan dari teman-teman nya juga, yang mengsuport juga meluangkan waktunya demi keberhasilan acara ini .

Seharian ada dalam hiruk pikuk pestafora perpisahan kaka kelas enam yang sangat akrab dengan intan karena intan adalah ketua pramuka dan koordinasi kesiswaan disekolah , titlenya begitu banyak dari yang terendah sampai menguasai sekolah , prestasinya ia gunakan dan apresiasikan secara tertata rapih dalam kehidupannya. \(^_^)/





 Penantian Part 2
Dia Yang Manja


Gadis tomboy itu ternyata manja , hari itu saat intan kesiangan lagi berangkat kesekolah , dikarenakan intan telat bangun pagi , pukul 06.30, jelas matahari sudah begitu terang dan langit begitu indah dengan kebiruannya yang sangat menyejukkan hati setiap orang yang memandangannya, sungguh disayangkan hari ini dia tidak melihat kecerahan langit hari ini dan sunrise di subuh itu , ia memang betul intan kesiangan lagi ,  ia langsung menunjukkan pribadi yang disembunyikannya kepada semua orang bahwa dia bukan gadis tomboy seutuhnya .

Intan pun memanggil mamahnya “mamah aku kesiangan kenapa gak bangunin aku lagi sih , padahal hari ini intan harus berangkat pagi karena hari ini adalah tahun pelajaran baru’’ . Dan intan harus mendeklarasikannya di hadapan  teman-temannya dengan tingkah konyolnya itu yang membuat sahabat-sahabatnya senang , hari dimana tahun pelajaran baru yang seharusnya membuat intan berangkat lebih pagi dan mula awali prestasi.

Tak berapa lama ibunya pun datang langsung membawakan sarapan paginya , “ tan bukannya kamu memang slalu bangun jam segini dan ini masih pagi , jangan ulangi lagi deh tingkat childish mu itu , kamu kan sudah kelas 3 SD harus lebih mandiri dan kamu bukan anak TK lagi , so lest go sayang segera mandi dan ini sarapan nya mamah taro disini” .

Dia pun berlalu pergi meskipun memasang muka masam sambil menjawab pernyataan ibunya yang tadi “ ia mamah sip laksanakan tugas , hehhehee” ,, dasar childish ia intan masih childish , meskipun dia gadis yang cuek dan tomboy tak peduli penampilannya , mau bagaimana pun dia masih 9 tahun , hal yang wajar kalau dia masih manja , dia pernah beranggapan seperti ini “ kalau sudah SMA aku gak bakal bisa manja lagi , malu sama umur hehee “ dari kelakuannya itu yang membuat sahabatnya sayang dengan dirinya .

Disekolah hari ini , hari dimana tahun pelajaran baru dimulai hari dimana dia harus kembali di sibukan dengan tugas-tugas sekolah , hari dimana angka-angka dan tugas-tugas bertaburan yang siap untuk dia pergunakan dengan baik untuk mendapat gelar juara bertahan , tahun ini dia harus kembali mengkalahkan lawan beratnya itu ya tidak asing lagi nama itu di benaknya, anak laki-laki yang slalu membuat intan jengkel setiap pelajaran matematika dimulai, ya betul Trisakti anak laki-laki yang menjengkelkan bagi dia , slalu berbuat ulah di dalam kelas, yang harus intan berteriak slalu kalau memperingatinya, setiap berulah.



Dia Yang Berusaha mengambil Hati

Hari yang iya tunggu itupun tiba penyelidikkannya nya pun hampir usai , tentang semua pertanyaannya yang berbulan-bulan ia simpan dibenaknya , tentang semua itu ia tentang itu hal itu yang membuat aku penasaran sama dia kawan , intan mengungkapkannya kembali pada sahabat –sahabatnya itu, kalian  tau dari mana jangan-jangan kalian memberitahukan hal itu kepadanya tanpa sepengetahuanku, ih dasar ya aku menyembunyikannya tapi kalian member tahunya , bilang apa saja kalian sama cowok itu? intan bertanya dengan nyerocos tanpa jeda sedikitpun , ia intan memang begitu kalau sedang bertanya dengan orang lain.

Mereka menjadi sahabat baik karena berjalanan nya waktu , dan kebersamaan mereka , hari demi hari berlalu , percakapan mereka pun lebih detail dari sebelumnya , salsabila yang sering akrab di panggil oleh teman-teman sekelasnya juga guru-guru disekolah, hari ini rabu ketika mereka bertemu dan bimo yang mengawali percakapan itu, di kantin sekolah sekitar pukul 11.05 , istirahat di sekolah ini memang cukup lama sekitar setengah jam , bahkan bisa lebih dari itu.

Inda dan Dini pun merasa ada hal yang mulai berbeda dari tingkah laku dua insane tersebut, intan hari demi hari sejak pertemuan siang itu menjadi lebih anggun dan ketomboyannya sedikit berkurang meski masih suka manjat pohon jambu disekolah , kalau disuruh sama guru-guru maklum kan intan cucunya wakil kepala sekolah jadi intan lumayan akrab dengan guru, istirahat pun ibntan lebih banyak diruang guru ketimbang di kelas dan bermain bersama teman sekelasnya. Intan mayan di butuhkan di sekolah meskipun bandel , tapi dia sangat bisa mengatur dan membantu kelancaran program sekolah , karena tidak banyak ide dari intan dipakai dan disetujui oleh guru-guru disekolah untuk system pembelajaran disekolah ini, sekolah induk pertama cikal bakal sekolah-sekolah disekitarnya.

Anak-anakpun jadi  segan bila harus berhadapan dengan intan , kalau ada yang berani buat masalah dengan intan pasti  ujung-ujungnya harus berhadapan dengan guru , bahkan sampai ke kepala sekolah , pernah ketika intan masih kelas 1 SD uang tabungan intan selalu hilang bila mau di berikan kepada guru kelasnya , ketika itu ia menaruhnya di tas paling depan , saat dia ingin menabungnya sudah lenyap begitu saja , pelakunya pun tertangkap karena ulah intan yang berani tanggung resiko tinggi dan si pelakunya langsung di Drop out dari sekolah .

Atas kejadian itu anak-anak pun berpikir ulang bila ingin menjadi teman dekatnya intan, tapi beda dengan mu
Murid baru ini dia memang bukan asli sini , dia asli lampung kota dimana bukan di pulau jawa tapi di barat pulau jawa lebih tepatnya di pulau sumatera , so pasti dia belum mengenali intan secara keseluruhan , meski dia banyak tau informasi tentang intan dari teman sebangkunya.





Bukan halangan berat untuk dia agar bisa bersahabat dengan intan , banyak cara dia lakukan hingga hampir kehilangan taktik, hari itu dia memulai kembali mengambil simpatiku saat dimana pelajaran akan dimulai kembali.
Bimo dan kawan-kawan : dasar miss tomboy chaby , bisa aja lu ngeles nya , mau balik ke kelas gak bentar lagi pak haji oding mukul belnya tuh nanti ada bu juju  loh tan masuk, ayo cepetan balik Ke kelas)

Intan dan kedua personil the cegreenmutz buset dah ( cewe jomblo lucu dan imut ) pergi ke kelas barengan genknya bimo n friends, anak-anak pun mulai memperhatikan gerak-gerik mereka berdua,  karena semakin hari sejak pertemuan siang itu yang tidak disengaja dibilang kebetulan, dan salsa beranggapan bahwa pertemuan mereka sudah direncanakan Tuhan.

 Mereka pun belajar dan berisik banget namun intan orangnya gak suka suasana berisik kalo lagi belajar , lalu intan teriak seraya kelas seperti gempa.
Intan : Woy  kalian teh gandeng banget sih bisa teu lamun keur di ajar the caricing balem gandeng nyaho ke aya guru datang baru nyaho , (bersama dini dan inda yang duduk paling depan ).
Okky n friends : bisa gak tan gak usah teriak da kedengeran  , ntar abis loh suaranya teriak mulu , berdiri terus jalan menghampiri intan di kursinya ).
Intan : tuda kalian mah berisik mulu apalagi lo ky dari tadi berkicau mulu sama si Trisakti berisik tau emang pasar ya , ini teh   kelas woy bukan pasar . gandeng wae lamun rek gandeng mah kaluar.
Tri sakti yang selalu juara umum saingan beratnya intan kalau dalam soal nilai pasti selalu  saiangan b, saiangan berat malah . anaknya nya gak bisa diem kalau kata orang sunda mah ciling cingcat wae siga oces , hahaha peace ai lain ngece emang fakta.
Intan : eh kamu lamun keur di ajar bisa teu sakali weh cicing tong gandeng jeun ciling cingcat wae , (maklum intan merangkap jadi KM sekaligus Bendahara karena gak ada yang mau J)
Okky ,Tri n friends : iah gue diem bawel banget sih lu tan kalo ngomong the gak pernah pake koma nyerocos terus kaya kereta api kalau gak kaya orang lagi ke bakaran jenggot aja lu tan.
 the Genks : Ia tan kalau ngomong pake koma dong , nyerocos mulu , bawel banget sih jadi cewek , gak usah pake teriak juga kedengeran . ( ikutan ke depan)
Bimo : Ia lu tan jadi cewek bawel banget sih, dasar chaby bawel , aku juga tau tuh yang ngajak ngobrol anak-anak genks aku .
Intan : woy satu- satu kalo mau protes jangan keroyokan , kaya mau kampanye aja lo semua ya , di bilangin the ya awas loh ta laporin ibu guru tau rasa ( seraya ke luar kelas )
Bimo : mau kemana kamu bila ? yeh etah malah pergi ( kembali ke tetempat duduknya di belakang).


Di kantor guru
          Intan : Assalamua’laikum ibu punten itu barudak di kelas gararandeng wae bu , di pasihan terang ku intan malah pada nyolot. ( dengan tampang kesel)
          Ibu guru : iya bentar neng , ntar ibu ke kelas ada tamu dulu sebentar nanti ku ibu di carek barudak na .
          Intan : Ia ibu nuhun Salsabila mau kembali lagi ke kelas , assalamualaikum bu
          Ibu guru  : ia neng , sok weh duluan kalo mau ke kelas mah
Intan pun sambil berlari kembali ke kelas dengan terburu, hingga rambut panjangnya yang terurai sedikit berantakan .
Di Kelas ( anak-anak malah main kartu yu gi oh )

Intan : assalamualaikum, yeh etah malah main kartu bentar lagi ibu guru ke las beresan yeh nya .
Anak-anak : ia tuh tan okky n the genks malah ulinan wae
Okky , n bimo , n the genks : weuh dia  mah geus ngadu da ka guru , tempo meuni lulumpatan kitu . ( kaget)
Intan : yeh batur salam lain di jawab heula malah langsung nyerocos , tau gak kalo ada yang bilang salam tuh wajib di jawab , bukannya nyorocos kitu . ( sedikit Ceramah)
Anak-anak : eh ia lupa waa’laikumsalam tan , ia ia tau yeh bu ustadz malah ceramah rek ngiluan moal yeuh , main kartu .
Intan : mbung teuing  rek naon main kartu, geus beresan yeh ntar ada guru yeh tau rasa lu
Anak-anak  :  iah tan , ieu ge d beresan , gandeng maneh tan geus diuk kaditu bawel amat    sih jadi orang itu .
Intan : iah ini juga capek nyaho teu ka ruang guru , garandeng wae  maneh .
Bimo           : Tau nih si  Salsabila aku gak ngerti lu ngomong apah , ora mudeng, chaby
Intan : naon sih nimbrung wae, gandeng wae deuih maneh udah sana duduk ntar ada  guru loh.
Akhirnya anak-anak pun diam dan bimo kembali bersama the genks yang dari tadi ga bisa diem dan ngoceh terus , bel pulang pun di bunyikan oleh pa haji oding sang penjaga sekolah  (teng –teng).

Anak-anak pun pulang namun intan masih di sekolah mau latihan pramuka dulu sama si bimo dan the genks. Mereka pun setelah latihan kembali mempersiapkan untuk hari esok .

Begitu cara anak gadis ini berbicara maklum orang sunda tapi dia tak tau benar bahasa sunda yang lemas itu seperti apa ya itu lah bahasa ibunya keluar kalau dia lagi ribet harus berbicara Indonesia , memang intan dilahirkan dari keluarga asl pribumi namun ada darah arabnya yang mengalir , oleh karena itu dia sering dipanggil cewek arab tapi kok ngomongnya sunda , canda teman-teman disekolahnya .

Humoris tapi ya begitulah dia , tingkah lakunya susah di tebak dia pandai menyembunyikan ekspresi wajahnya bila lagi sedih maupun senang sama saja datar namun bila sedang tersenyum ataupun melihat orang lain dengan mata sinis nya , pasti orang akan terheran-heras maksud dari tatapannya yang begitu tajam itu , mengerikan juga sih sikapnya yang misteri itu , seperti ada yang ia sembunyikan dari dirinya kepada orang lain , agar orang lain tak mengetahuinya , bahakan 3 sahabatnya nya pun susah menebak sikap dia seperti itu ya memang mereka pun heran , intan itu unik pribadi yang misterius sering kali brsikap seperti paranormal yang gak jelas juntrungnya , tapi apa yang dia ucapkan slalu kejadian terus , itu yang membuat aku herah sama dia , ungkap inda dikala ia tak bersama intan yang hanya duduk berdua dengan dini dikantin .

Intan kemana yak ok tak terlihat hari ini , apa dia sakit lagi , kok dia sering sakit sih akhir-akhir ini samapi dia tak mau cerita apa yang ia sedang alami , apakah dia tak mau kami tau , inda bertanya pada sahabatnya itu yang mirip nabila syakieb , dini pun menjawab ia nda aku juga heran akhir-akhir ini intan sering tak masuk sekolah , heran mereka berkutat dengan seribu keherannan .

Ia intan udah 2 minggu gak masuk sekolah , ujar seorang anak laki-laki dibelakangnya tak tau itu siapa orang itu hanya bilang sepintas , dugaan mereka itu si misterius itu yang akhir-akhir ini membuat mereka berubah , sebenarnya dia sakit apa ? dan tadi siapa yang nimbrung dari belakang tanya inda pada dini , dini pun langsung menjawab ‘’ Mungkin Dia nda , belum selesai bicara sudah inda potong ,Dia siapa maksudmu din ? sahut inda , aku rasa dia  , ia tapi siapa ? mungkin murid baru yang baru pindahan itu dini membalas pertanyaan inda , oh dia aku kaget kirain siapa tapin dia tau dari mana kalo intan 2 minggu sakit , apa mungkin ???? apa mungkin apa inda jangan suudzon dulu sahut dini , ya mungkin aja din ada sesuatu yang gawat jadi intan hanya memberitahu dia , dia mungkin tidak mau kalau kita khawatirin dia , kan dia mah orang nya begitu tertutup kalau yang menyangkut hal pribadinya , mungkin saja benar aku setuju nda , dini kembali mengambil suara , ya udah nanti besok kita cari tau bener atau enggak nya kalo gak kita tanya sama dia aja tuh bocah misterius , inda berargumen ia boleh juga tuh nda sahut dini dan mereka berlalu pergi kembali kekelas.



Dua minggu berlalu intan tak ada kabar sama sekali dia bocah misterius itupun tak mau memberitahu keadaanya gadis chaby ini , merekasemua bingung sampai akhirnya intan masuk sekolah lagi . Kemana saja kamu tan kok baru keliatan sih tanya inda , a….. aku sakit say sahut intan , sakit apa kamu tan , hmmm Cuma sakit biasa aja kok , biasa apanya sampai 2 minggu gak masuk gitu dibilang biasa dasar kamu tan , sahut temannya , ya biasalah sikon yang tidak mendukung, mungkin aku kelelahan karena kegiatan yang super padat ini maklum orang sibuk , sahut intan ahhh kamu tan kebiasaan deh kalo ada apa-apa atau ada masalah bilang dong tan , kamu anggap apa ke kita sahabat kan ? sambung inda dan dini , ia sahabat say tapi Cuma sakit biasa kok santai aja menutupi kerisauan dan sedang menyiapkan jawaban yang akan dijawab saat mereka bertanya lagi .

Ia dia mengidap penyakit meningitis atau sering disebut radang otak , sejak dari kecil ia sering mersakan sakit sampai ia bulak-balik masuk rumah sakit , sampai kedua sahabatnya pun tak tau hal yang sangat pribadi itu , dia pintar menyembunyikannya , entah mengapa dia tidak mau memberitahukan kepada mereka .

Meningitis tak banyak yang bertahan lama dengan penyakit ini , ya mengerikikan itu yang membuat intan sering tak masuk sekolah, namun mereka tak mengetahuinya bahkan kedua sahabatnya itu , apa mungkin anak baru itu tau keadaan intan  yang sebenarnya , bila dia tau apa responnya bila semua sahabatnya tau , intan tak mau sahabat-sahabat nya itu menjahuinya karena hal itu oleh karena itu dia menyembunyikannya  rapat-rapat , biar suatu saat nanti mereka pun tahu sendiri , gumam intan dalam hati .


Kejahilannya itu manis

Di jalan menuju sekolah pukul 06.50, 10 menit lagi masuk tapi intan masih santai jalan menuju sekolahnya yang lumayan tidak jauh dari rumahnya itu , namun saat ini baru sampai kepersimpangan jalan yang tidak jauh dari yang semua tiba-tiba dari belakang ada yang membuat intan kaget, siapa ya dia , intan tak menoleh kebelakang dan ternyata ……………………………………………………………………………………

Ada 3 orang anak laki-laki yang bersepeda menghampari cewek tomboy ini yang rambutnya di kuncir dua kaya sailor moon , dengan rempongnya intan, karena  kesiangan  maklum kan Salsabila mah anak mamah meski so jadi cowok juga , kalo terlambat pasti intan manjat gerbang sekolah , udah biasa di sidang sama  kepsek , bahkan hampir kena SP 3 karena kerjaannya tawuran mulu sama anak impress, dan anak sukaluyu .

Siapa sih yang gak kenal intan ini hampir semua orang tau dari berojolnya intan kedunia ini , toh intan dapet julukan si mojang tomboy yang ramah dan anak mamah. Hehehe
Bimo N the Genk : cie elah cewek cerewet kesiangan , katanya murid teladan kok bisa kesiangan gitu ?
( merelirik dengan tampang yang sinis namun sedikit romantis )
Lalu mereka dengan cepat mengedarai sepeda BMX nya menuju sekolah sekitar pukul 07:05 hari itu hari senin , saat intan di tugaskan menjadi pengibar bendera di sekolahnya.

          Salsabila     : ( dengan tampang sinis dan acak-acakan akibat kesiangan dan hampir tak bisa masuk gerbang), apaan sih kamu bim  terserah aku mau berangkat jam berapa juga kalo gerbangnya di tutup bisa manjat kok , aku bukan cewek manja kalo kesiangan nangis , gampang tinggal manjat dan kasih uang rokok buat penjaga gerbangnya , So masalah buat Loe ( berlalu pergi ke ruang guru ).
Bimo                    : hoh jangan marah dong , kan gua cuman bercanda gitu aja ko marah , gak asik ah loe  chaby , jelek tapi ngagenin ( Merayu dan menarik tangan intan ) , mereka pun dengan tidak di sengaja bergandengan tangan .
Upacara Bendera pun dimulai dan intan beserta seluruh siswa mengambil tempatnya masing-masing , saat intan menjadi pengibar ada hal yang membuat semua peserta ngakak ketawa , tau gak intan ketinggalan pas mau balik ke tempat semua , ya so pasti intan langsung lari dan sumpah itu malu banget kata dia , dan bimo n the genk dengan puasnya tertawa.


Seusai upacara mereka langsung menghampirinya , 10 orang anak laki-laki bertampang culun tapi so cool, berjalan menuju salsa yang sedang duduk di teras depan kelas 4A , kelas yang di puji guru-guru Karena juara-juaranya ngumpul disitu semua , dari yang juara akademik sampai juara non akademik.    

Salsabila               : mau apa kalian nyamperin  aku , pasti mau ngeledek soal yang tadi waktu upacara , iya kan , maksud kalian nyamperin aku mau bilang begitu kan , jujur aja ( dengan pernyataan yang so optimis dan  mimik muka yang buat orang yang melihatnya pasti pengen cubit pipinya , karena chaby dan begitu manis lesung pipitnya .
Anak-anak           : ih kepedean banget sih kamu salsa jadi cewek , siapa lagi yang mau ngejek kamu, orang kita mau masuk ke kelas habis dari kantin , kamunya aja yang suudzon mulu sama kita ini (  dengan jailnya salah satu dari mereka benar saja ada yang mencubit pipi chabynya intan , Si murid baru itu  lagi-lagi mencairkan suasana dan menepis kecurigaan intan )
Anak-anak           : Cie yang lagi kasmaran lu bim jujur weh atuh , jangan malu-malu maen cubit-cubitan gitu , ajak jalan tuh nanti pulang sekolah . ( bersiul dan mendorong-dorong mereka berdua yang malu-malu)
Salsa dan Bimo              : apaan sih kalian huh awas ya ( menyangkal bareng-bareng)
Anak-anak           : deuhhh ngomongnya barengan gitu sehati one heart
Salsa                              : One heart honda meureun hehehe ( tertawa manis ).

Saat dugaan sahabat mereka hari demi hari tingkah mereka berdua menjadi berbeda , dalam candaan mereka menjadi begitu mesra tersimpan keganjilan yang menyembunyikan sesuatu diantara mereka kepada sahabatnya hingga tiba saat dimana khayalan intan itu terjadi , namun tak dapat diduga dan terpikir sebelumnya dibenak para sahabatnya , intan pun diam-diam menuliskan puisi-puisi yang tak pernah diketahui oleh sahabatnya ataupun siapapun dalam diarynya menggunakan tinta biru yang menunjukkan bahwa ada perasaan yang tidak biasa dibenaknya, apakah perasaan itu perasaan apa ini intan pun bertanya-tanya sendiri saat dia berada didalam kamar malam itu, memang rumah nya selalu sepi karena orangtuanya selalu sibuk dengan pekerjaannya pulangnya selalu larut malam, terkadang perasaan aneh itu datang bercampur dengan rasa yang baru ia kenal .

Satu tahun berlalu salsa menjadi juara umum lagi di sekolahnya , ya dia sekarang sudah naik tingkat menjadi kelas 4 berawal dari setiap pertemuan mereka, bermain bersama saat dimana salsa mulai menaruh simpati padanya.


Hari itu ketika ada perkumpulan di salah satu rumah anggota genk nya salsa , di karaba yups betul banget di rumah dini , dimana seluruh anak datang semua,  salsa yang berangkat duluan jalan ke rumah dini , lumayan deket sama rumahnya dia tanpa disengaja bimo mengikuti nya dari belakang ngegoes sepeda BMX hitamnya , dengan jaket hitam,  pake headphone ,so maskulin banget bagi intan yang lagi kasmaran, ya dugaannya bener pasti mau ngajak bareng ‘’ bukan geer duluan ya kawan ini beneran loh tanpa rekayasa belaka ‘’ hehehe ^_^

Bimo           : Eh ada cucunya wakasek nih ….. , mau kemana chaby ?
Salsa           : hmmmm , mau ke rumah dini kan hari ini ada kumpulan buat ngebahas kelas ,                                        kan aku KM jadi wajib dateng, kenapa sih ? ( padahal ngarep banget tuh , Cuma
                     Basa-basi aja , pikirannya intan salsabila cewe chaby yang satu ini )
Bimo           : Oh ia aku juga tau, ini juga aku mau kerumahnya dia kamu kok jalan, sendirian
lagi , mau ikut gak bareng sama aku duduk di depan sini , itu juga kalo kamu   mau , bener nih mau apa gak ikut lumayan loh kalau jalan capek loh ???
Salsa           :  sakit atuh duduk disitu mah bim , udah gak apa-apa aku jalan aja deket ko,   silakan kalau mau pergi duluan mah , aku mau jalan aja ( dalam hati mah berharap )

Intan salsabila akrab dia di lingkungan sekitarnya , mereka pun berboncengan dengan sepeda bmx itu menuju rumah dini  di karaba , kurang dari 5 menit mereka sudah sampai dirumah tersebut anak-anak sudah ramai , dan disana ridwan juga kawan-kawan bersorak ria saat kami datang berdua tepat di halaman rumah “ Cie awas tuh ada sinyal-sinyal mencurigakan , hayo ngapain aja dari tadi lama banget dtungguin” mereka bersorak bersama dan kami pun menjawab dengan satu kalimat yang tak disengaja’’ apaan sih kami gak ngapa-ngapain kok , lagi pula tadi berppapasan di depan rumahnya bimo ‘’ sahut mereka berdua .

Setelah kejadian itu sahabat-sahabatnya pun mencurigai sikap mereka berdua yang mulai berbeda dari biasa sering berangkat sekolah bareng , kemana-mana selalu bareng , dari kerja kelompok pun sering disatu kelompokan sama wali kelas ia saat ada kerja kelompok matematika mereka sering satu kelompok , maklum bimo kan pinter matematikanya.


Kejadian itupun berlalu membuat kisah yang unik bagi intan saat ada satu tragedy yang membuat intan malu dan ngakak kegirangan, tak dapat ku jelaskan begitu indah namun penuh makna .

Disaat mereka istirahatpun selalu saling memperhatikan, tak tau maksud dari semua itu hingga tiba keraguan , kerisauan dihati intan apa yang telah ia lakukan hampir dari satu tahun lamanya mengenal dia, ia dia yang membuat seluruh satu sekolah membicarakannya, dia yang membuat intan gembira ketika dia mendapatkan nilai yang fantastis, dia salah satu rival intan dalam kelas , intan pun bergumam sendiri dalam hati ‘’ Ya allah intan gak tau apa yang harus intan lakukan bila dia nanti sesuai firasat intan selama ini ‘’ , Ya intan memang bukan gadis belia biasa yang sama dengan teman-temannya , diapun mempunyai kelibahan yang tak dia ketahui entah itu apa intan pun masih mempertanyakannya .

Hingga sampai akhirnya kegilisahan itu datang lagi kedalam relung hatinya mempertanyakan apa yang sedang terjadi pada dirinya , intan pun bingung isyarat apakah ini , kalu dia sampai bbilang ke sahabat-sahabatnya pasti satu sekolah bakal heboh , menurut dia mengungkapkan persaan langsung pada lawan jenis itu hal yang tak logis , iya tak logis masa gadis duluan yang mengungkapkannya , dikamus hati intan tak ada hal seperti itu , bisa-bisa famornya turun ‘’ So I don’t start that something’’ yah intan berargumen sedemikian jelas.


Rasa Apa Ini ?Apakah Ini ? Ini Cinta atau kagum Semata?


Malam ini apa yang sedang terjadi pada hatiku berawal dari pertemuan itu mengapa aku jadi terfokus kepada anak laki-laki itu belum lama ku mengenalinya baru 1 tahun ini , ia sekarang aku sudah kelas 4 SD ia disaat ulang tahunnya kejadian itu ia kejadian yang menumbuhkan rasa yang tak biasa ini , sesungguhnya ini apa , mengapa aku mulai simpati padanya , apakah karena canda tawa itu , karena kebersamaan selama ini , apa ini rasa apa ini aku bingung tak dapat mendepkrisikannya , ku bertanya-tanya sendiri.

Tidak biasanya ia menjadi insan yang lembut dan pakai hati , berbeda dari sebelumnya , apakah yang dirasakannya saat ini , intan tak dapat menemukannya jawaban dari pertanyaan hatinya
Awal Pertemuan itu

Hari-hari itu
Hari-hari dimana ku baru mengenalmu
Kejahilanmu membuat tanda Tanya besar di otakku
Langit biru itu  memusatkan semua pikiranku
Apakah arti dari semua ini  yang ada dalam qolbu
Ia karena pertemuan itu
Apakah rasa yang baru
Rasa apakah ini
Canda itu
Perdebatan kecil itu
Cubitan manis saat itu
Rangkulnya di pagi itu
Rasa apa kah ini ?

Puisi yang dia tulis didalam pertama buku diarynya yang masih baru , kado ulang tahun kesepuluh dari anak laki-laki itu ya benar buku harian bersampul artis hollywood berwarna brushapire , dari mana dia tau warna kesukaanku , intan terheran dalam hati setelah mendapatkan buku diary itu , yang dia berikan kepadanya pada sore itu , sore dimana akan diadakannya acara perayaan ulang tahunnya ke sepuluh.


 Acara belum di laksanakan namun dia datang lebih dulu dan di susul ketiga sahabat karibnya , irfan , ridwan , dan ricky , ia empat orang itu adalah orang-orang yang akrab dengan intan semenjak bimo pindah kesekolahnya semester 2 kelas 3 dulu ya setengah tahun yang lalu , dimana anak itu mengambil simpati dan mendapat tetmpat yang begitu special di relung jiwanya , iya intan menyukainya , namun mereka belum mengetahuinya termasuk dia , yang mengambil hati intan dengan tiba-tiba saat pertemuan itu , pertemuan siang itu.

Selama berhari-hari ia menanyakan pada hatinya apakah yang terjadi pada dirinya , apakah semua ini hanya rasa yang biasa tapi tidak , ini hal baru bagi dirinya kutuliskan puisi untukmu sang pembuat misteri cinta dalam kehidupanku , dia anak lelaki itu yang selalu buat diriku keheranan atas tingkahnya .

Aku tau aku sangat bodoh menyambut perasaan ini , ketika kau mulai masuk kedalam hidupku orang bilang ini cinta monyet , cinta dimana masa puber itu tiba dan merubah hal yang tak biasa menjadi luar biasa dimana aku mulai terpesona akan keindahan itu , ke gemilanagnan itu hari –hari berlalu bersamamu , entah sejak kapan perasaan ini ada untukmu dengan tiba-tiba hal aneh ini muncul ketika candaan ku di sore itu , ketika aku sering bermain bersamamu pada saat itu aku mulai mengalami rasa yang aneh entah apa itu yang kurasakan begitu indah namun sulit kucerna dank u pikirkan dengan logis , perasaan anak SD itu ku anggap bukan hal main-main , ku mengenal cinta dari kakaku yang sering curhat padaku .

Baru ya sangat baru ku merasakan hal itu , baru sekali ketika tiba-tiba kau datang pada semester 2 aku kelas 3 ya betul kelas tiga dimana aku sangat gemilang dalam hal pelajaran , kau datang sebagai rivalku , juga rasa penasaran di hatiku selama ini .
Hingga saat itu pun tiba hari dimana kau mulai menunjukkan sinyal itu , ia sinyal tanda tanyaku yang sangat besar , sangat besar berkutik di pikiranku membuat gundah hati ini, dimana saat aku terdiam sendiri di suatu senja yang sunyi  ku memandang kearah jendela luar  kearah langit jingga itu, dengan jelas ku dapat melihat keindahan jingga langit itu dan hati nurani kupun berpikir liar , bertanya-tanya akan hal yang belum aku ketahui pasti itu .

Dalam gumaman ku aku berkeluh ‘’ Ya Allah apa yang aku rasakan ini sungguh tak masuk akal , mereka bilang ini cinta sesaat cinta monyet , hanya cinta main-main , aku bingung apakah aku harus mengungkapkannya duluan , oh tidak bisa itu bukan pribadiku ,itu menjadikan ku menjadi orang lain bukan aku, terus aku harus bagaimana intan tak mudah memahami rasa yang telah ia pendam selama mengenal dia setengah tahun yang lalu , ia setengah tahun berllau sampai dimana ia datang kepesta ulang tahun intan dengan sumeringah , dia datang , ia dia datang kukira dia tak akan datang dan memenuhi undangan ku diary itu.


 Ya diary yang membuat intan terheran saat intan baru mengetahui dia tau warna favoritnya , warna blue shapire dan sky blue , apa yang dia lakukan membuat intan tersipu , ia aku tersipu saat sore itu , tatapan mata kami bertemu pada satu titik garis yang sama , dimana jantungku berdebar dan mempertanyakan perasaan ini kembali lagi , kembali menghampiriku saat kau begitu dekat bahkan ku dapat menatapmu dengan jelas , begitu jelas dihadapanku dengan jaket abu-abu dan t-shirt yang senada sungguh membuat aku tersipu , begitu jantungku dan darahku srasa berhenti , Ya Allah itu benar dia , dia yang selalu ada dalam mimpiku , mimpi itu nyata sebelum aku bertemu dengannya ternyata ia itu pangeran yang ada dalam mimpiku dikala malam sunyi itu , dugaanku tak salah lagi memang benar itu dia .

Dia yang pertama datang tak ku sangka orang pertama yang mengucapkan selamat kepadaku , memang orang pertama karena ayah dan ibuku sedang tugas dan pulang malam , aku dirumah sama si bibi yang selalu menemaniku , kuanggap seperti kaka kandung , setelah mbah buyut ku yang kuanggap seperti ibuku , ia ibuku selalu sibuk bahkan untuk sekedar mengucapkan selamat pun tak ku dengar sama sekali setiap aku ulang tahun , hanya ayahku yang selalu menciumku disaat aku ulang tahun , sungguh sedih bila ku mengungkit hal kecil itu .

Sampai aku sudah tak heran lagi bila setiap aku ulang tahun ayahku yang memulainya karena aku sengaja mengsave tanggal ulang tahunku di notes handphonenya hingga saatnya tiba alarm peringatan itu berbunyi , kalau tidak begitu mungkin beliau pun akan lupa , sungguh miris untuk hal ini pun mereka tak acuh ia tak acuh , jangankan ulang tahun kalau belajar pun aku selalu ditemani si bibi kalau gak mbah almh mbah buyut yang sudah kuanggap seperti ibuku sendiri .

Andai kalian mengetahui isi hati ini yang kualami , aku ingin seperti mereka berada dikehangatan kalian setiap hari namun itu hanya angan ku, ia anganku entah sampai kapan ku dapat menggapainya penuh dengan cinta dan suka cita , andai dan andai ku seperti mereka , intan pun memasangkan raut wajah sedih dan kecewa .


Apa maksudmu ?


   Setelah acara ultahku itu aku mulai berpikir bahwa dia juga merasakan yang sama dengan yang kurasa , dari dia mengetahui segala hal terkecil dariku pun dia tau , apa itu bukan yang dimanakan care kawan, aku berkutit kembali dengan seribu pertanyaan diotakku , mengenai sikap dia padaku aku ingin dia bicara padaku agar aku tak serisau ini , ia aku risau bila memang hal itu benar , aku diambang kerisauan berbulan-bulan , kamu itu misterius bintangku , begitu misteriusnya kamu yang membuat aku terkadang pening memikirnya , apa aku pantas untuk mengungkapkannya kurasa itu belum saatnya untuk ku bicaran kepada mereka , bisa-bisa aku mati berdiri ditertawakan karna kekonyolanku ini , aku tidak mau ‘’ intan menepis semua mimpi yang akan dia lakukan yang akan membuat pipinya matang seperti tomat yang baru masak dan ia petik dari pohonnya , tak terbayang pipi chabynya berubah merah saat ia lakukan hal itu.

   Hari ini kalau tidak salah aku melihat kalender hari jum’at dimana aku sedang jajan di kantin belakang , ia dikantin tempat aku biasa nongkrong dengan teman-temanku , saat itu jujur saja aku kaget dua orang temanku datang dan langsung menarik lenganku yang sedang memegang sebungkus es jeruk favoritnya , mereka datang sambil berlari  akupun terheran  hampir aku tersedak meminuman itu karena tingkah laku kalian ia kalian ridwan dan irfan dua orang itu selalu memata-mataiku entah untuk apa mereka melakukan hal itu , aku bagaikan buronan saja diawasi seperti itu , hampir aku terpeleset karena sedikit berlari ditarik oleh mereka berdua saat tiba di dalam kelas 4a, aku heran kenapa kelas begitu sepi tapi kenapa mereka membawaku aku heran apa maksud kalian kelas sepi begini ,ku mengerutu sedikit kesal karena tarikan lenganku oleh mereka membuat tanggat ini merah dan sakit, aku bertanya pa maksud kalian , aku bergelut dengan pertanyaanku ini pada mereka, hingga aku menemukan jawabannya.

 Ada sesosok anak laki-laki di belakang meja belakang yang memandang kearahku , aku tak biasa melihatnya dengan jelas karena kelas begitu gelap seluruh gorden ditutup oleh mereka , apa maksudnya ini , mereka tertawa kecil di belakangku , dan sesososk anak laki-laki itu pun tersenyum padaku dan melirik dengan ujung matanya , kurasa aku mengenal siapa dia , yak ku kenal dia  tapi siapa ya aku bertanya pada irfan dan ridwan , mereka hanya tertawa aku kesal pertanyaanku tak jawab oleh mereka, lalu dia pun menghampirinya , lalu ia bertanya kok kelas sepi sih pada kemana ini anak-anak, ditelan bumi ya bim , tanya intan dengan berparas heran , hmmmm kemana ya aku pun gak tau mereka kemana ? sahut bimo , loh kamu  kok gaktau kan kamu yang dari tadi disini , terus buat apa kamu nyuruh tuh curut berdua narik aku dari kantin , eh bercanda kok kakah hehehe … , sambungnya .

Hmmm mau apa ya  , kasih tau jangan ya , dsahut bocah itu , ihh cepetan napah udah mah aku lagi jajan enak-enak main tarik aja , cepetan ada apasih mana kelas gelap gini maksud kamu mau ngapain sihhhh , cepetan aku pengen ke kantin lagi , sedikit memaksa dan kesal , sabar dong chaby nduttt ,sambung nya apa kamu bilang nduttt dih aku tidak ndutt cepetan lah lama banget , kesal dan beranjak dari tempatnya semula , mau kemana kamu tan , menarik lengan intan , jangan ditarik sakit tau udah mah di tarik dan dipaksa sama tuh bocah berdua itu , sahut intan jengkel , hehe dia hanya tertawa , lama ih kamu mau ngomong apa sih lama banget samapi bertele-tele , terdengar ada suara salah seorang anak yang bilang cieeeeeee , siapa itu tanya intan bukannya kelas ini gak ada siapa-siapa Cuma aku , kamu dan mereka berdua , dia pun tersenyum , yang menunjukkan lesung pipitnya yang membuat intan tersipu malu dan terbius langsung terpaku , ayolah cepat ada apa mau ngomong apa to the point aja lagi kamu teh  , mulai badmood , intan tak bergeming dia menatap matanya , dan tiba –tiba ada yang membuat dia kaget “ Aww sakit tuh kan gue kejedot meja , ello sih gak bisa diem ky , salah seorang teman tersungkur dari persembunyiannya , ketauan kan gue kalo gue nguping loe sih ky , apaan sih gak sengaja tri gue pegel jongkok di kolong meja tterus Cuma karena tuh si bimo , kalo gak dibujuk dia dan dikasih traktiran mana mau gue , ngumpet kaya maling gini , sahut okky tak terima .

Okky adalah termasuk mantan teman yang pernah begitu dekat dengan intan , kalau jaman sekarang mah istilahnya lebih tepat mantan pacar , keren sih tapi nakalnya gak ketulungan itu yang membuat intan tak bertahan lama . hayo kalian berdua ngapain disitu , intan kaget dan melirik ke anak yang tetap pada posisinya memegang tangannya , tanya intan eh intan geulis gak kok neng tuh disuruh dia , menunjuk kearah bimo , loe sih bim ketauan kan gue , pojokan okky membuat dia tersenyum , hehe maaf jangan bikin ancur suasana donkg , gua belum ngomong nih sama dia , sahut bimo . cepetan loe ngomong keburu dia marah-marah ntar ditolak loh , suttttt ngomong apaan sih lo ky ah loe ketauan deh gue mau nembak dia , rese lu ky bikin gatot aja , sahut bimo memasah muka marah lalu menunduk malu , kemudian intan angkat bicara , maksudnya apa nih mengalihkan pembicaraan dan memperjelas argument okky , ada apa sih bim kuat lama dam au ngomong juga , ada apa , apa maksudnya ini ?

Ayo buruan keburu bel masuk , sambungnya , nih chaby sebenernya aku itu------ aku itu apa belum selesai jangan disangkal dulu dong aku belum selesai ngomong cantik sabar ya nih aku lanjutin , sebenernya aku suka sama kamu semenjak awal itu aku juga berpikiran sama seperti kamu , maksudnya bim intan kembali angkat bicara sontak hening semua dan seluruh teman-temannya keluar dari persembunyiannya , seraya seperti dalam film-film.

Dia iya benar jantung intan * deg intan tersentak dan terperanjat dan tak bergeming atas pernyataan yang sudah ia duga itu , terus gimana kalo kamu tan sama aku kok diem sih , ditolak nih ? heran nunduk karena malu , hmmm gimana ya , dia lagsung menyangkal gimana apanya ditolak ya , derrrrrr seluruh isi kelas sontak kompak berbicara , terima tannnnnnnnnnnn ayo kamu juga suka kan sama dia jujur aja deh , syuttt diem dulu napah aku belum selesai ngomong , kelas kembali sepi tak ada suara hanya intan yang berbicara , hmmm gak ditolak kok , tapi …. , tapi apa gak suka ya , kembali dia memotong pembicaraan intan , tuh ya di potong lagi  nih tapi aku emang bener sayang sama kamu bim Deg  detak jantungnya intan berhenti begitu saja, lalu bim langsung memeluknya dan seisi kelas ramai  aidewhhh cuit-cuit jadian nih , jadi ya traktirannya hayoo traktior di kantin sepuasnya , apaan sih kalian ia ia jadi tenang aja kok sob , bener tan kamu terima aku , ia aku terima bimsay udah lama aku pendem kerisauan ini karena mu tapi aku tak berani cerita sama kamu dari pertama kamu masuk jadi murid baru dikelas ini yang sangat familiar , hehehe , sahut intan , makasih ya chaby  aku cinta kamu  sahut bimo , ia sayang sama .

Setelah pendeklarasian itu seluruh sekolah heboh bahkan sampai ketelinga wakasek ia wakasek neneknya intan berasa tranding topic kejadian pendeklarasian itu , apakah ini cinta sesungguhnya yang sering kalian bilang padaku bahwa ini cinta monyet  , ia cinta monyet tapi bukan ini emang cinta , cinta yang begitu indah yang aku rasa , dan semua pertanyaanku terjawab sudah , ya terjawab  hari ini aku sah menadi pacarnya , hubungan kami sempat putus nyambung karena labil masih 11 tahun , aku beda satu tahun dari dia aku lebih tua dari dia , ya dia kelahiran 97 sedangkan aku 96 saat dimana aku  dan dia dalam kegitan yang sama ia kami adalah anak pramuka , intan asisten Pembina , dan dia ketua pramukanya wow , sehati dimana saat kemah di blok M intan saat itu gak ikut karena intan baru saja pulang dari rawat inapnya di rumah sakit
Selama satu bulan , ya dia masuk hospital lagi karena penyakit itu tapi intan belum cerita kesiapa-siapa kalau dia mengidap sakit yang sungguh serius , pas kekasihnya kemah , ada kejadian lucu di tempat kemah saat dia tidur dan bermimpi , dia satu tenda sama sandy malam itu , gak tau pukul berapa , tiba-tiba ‘’ Plak-plak , please tan kamu jangan pergi tinggalin aku ‘’ tak sadar bahwa yang ditamparnya itu sandi , dan sandi langsung bangun apa-apaan sih lu mo nampar gue sakit tau ‘’ sambil memegang pipi mungkin panas karena lumayan kenyang tamparannya , terus tadi elu mimpiin apa kok ngigau nya gitu banget samapi nampar gue segala ? sandi terheran-heran atas tingakah anak itu malam-malam begini , bangun loe bim bangun gue pengen tau maksud loe apa ? paksa sandi dan dia pun bangun lalu menjelaskan panjang lebar mimpi nya , tau dia cerita apa aja tapi sandi bilang gitu ke aku pas udah pulang kemah , aku juga heran loh kok dia dapet firasat gitu , jangan sampai dia tau kalo aku emang bener-bener sakit parah , memang intan sering pingsan akhir-akhir saat upacara mungkin karena itu tapi dia tetap bungkam ya dia bungkam jangan sampai orang lain tau keadaan sebenarnya .

Saat kekasihnya ulang tahun dia memberikan kejutan , jam tangan dan jam wekker topi , bahkan samapi sandal , ya ampun tan sampai kesandal-sandal loe kasih , kata nda ntan meminta nda menemaninya ke distro untuk mencari kado yang pas buat dia , karena dia paling suka warna hitam , dan dan mawar hitam , dia tidak suka sama mawar selain mawar hitam , bisa-bisa dia langsung pingsan bahkan sakit kalau harus berhubungan dengan yang namanya mawar ia mawar dia benci mawar selain hitam , hampir 3 jam dia mencari kado yang pas sepulang sekolah , sampai langit udah mendung mau hujan , dan akhirnya seluruh barang yang ia cari ketemu juga , so fantastis guys sesuai dengan harapan gue , semua udah gue dapetin , tinggal bungkus deh dan tunggu besok pas ultahnya dia , gue bakal buat dia cengo dan tak bergeming , thanks ya guys udah bantuin gue cari kado dan barang yang dia sukain , miss you guys , hahaha akhirnya juga aku bisa dapetin barang inceran nya dia , barang yang dia yang ia idam-idamkan , yes congratulation tan buat acaranya besok , intan memuji dirinya sendiri dan kedua sahabatnya hanya bisa tersebnyum melihat kegirangannya .

Keesokan harinya hari dimana yang intan tunggu itu tiba , bel masuk pun bordering dan emang pada hari itu guru-guru lagi rapat jadi di sekolah bebas dan intan minta bantuan teman sekelasnya agar rewncana ini berjalan sesuai dengan harapannya , ya benar saja berhasil saat ini ketika waktunya tiba , intan menghampirinya dan ‘plok telor dan terigu menguyuri kepala bocah itu , lalu intan langsung memberikan give party kepadanya , ia dan responya sesuai skenarionya ‘’  apaan ini kok gede banget tempatnya yang ? bimo bertanya-tanya pada intan dengan tubuh yang berlumur terigu dan ceplokan telor itu , dibukanya kado itu lalu serentak anak –nak sekelas bilang , dengan lancangnya cium-cium cium untung kelas tertutup rapat dan guru-gru sedang rapat , hmmmm mungkin itu ciuman pertama yang iya dapatkan dari kekasih nya bimo mencium keningnya intan lalu bilang “ makasih ya sayang aku bakal simpen baik’-baik buat kenagan , intan heran kok dia bilang buat kenangan sih.

Dia heran emang mau kemana dia ‘’ intan memasang wajah bingung lalu ngomong emang mau kemana kok jadiin kenangan ? namu dia tak menjawab pernyatan intan , dan menatapnya dengan lembut , namu intan masih terheran-heran atas ucapan dia yang tadi tapi ah , dia hiraukan yang pentng rencana nya sukses hari ini .’’
Setelah ultahnya dia , dia mulai diam dan heran kok akhir-akhir ini sikapnya dia berubah sih nda sama aku ada apa ya ? kok jadi berubah gitu sih nda sama aku ? heran deh ah tau ah bingung aku akhir-akhir ini dia begitu . Mereka pun berllau pergi dan langsung pulang .

PERGI

Begitu pintar nya ia sampai hal itupun tak ada yang mengetahuinya , hubungan mereka berjalan lancer sampai kelas 6 SD dan akhirnya intan juara umum lagi saat sesudah ujian sekolah , bimo pamit sama intan dan dia bilang ‘’ say aku mau pindah ke lampung , aku mau sekolah disana mungkin sampai kuliah ‘’ Deg tak diharap air mata intan langsung menetes , maksudmu ? intan heran , ia aku mau pergi ke lampung dan mungkin gak akan balik lagi , sambungnya , SERIUS kamu balas intan , iya  serius kapan sih aku bohong sama kamu , jauh dong hmmm tapi itu masih rencana belum pasti juga kalau misalnya aku gak ada kabar berarti bener aku pindah ke lampung karena aku udah kangen sama ibu aku tan , tapi itu masih rencana , sahut dia . Intan kaget mendengarnya lalu intan pun berlalu begitu saja pulang tanpa permisi , persaannya kalut , tak jelas apa yang ia rasakan ,sesampainya di rumah ia langsung menangis dan mencari mbah buyut nya , lalu ia bilang , ‘’ emak dia mau pindah ke lampung , intan pun langsung menangis , tersedu-sedu’’ lalu mbahnya pun menyahut omongan intan ‘’ tong nangis neng masih banyak yang lain neng , alit keneh atu h neng tos tong nangis nya ‘’ emak menasehati intan , lalu intan menangis tetap saja tidak berhenti lalu intan pergi kekamarnya , menutup pintu rapat-rapat hingga tertidur tak sempat makan siang juga makan malam karena mungkin kecapean karena menagis sedari pulang sekolah .

Benar gak dia bakal pindah ke lampung , apa mungkin aku bisa jarak jauh sama dia , mungkin saja karena aku menyanyanginya jarak tak akan pernah merubah perasaan ini lihat saja nanti , bila itu memang benar tapi aku tak bisa apa-apa itu hak dia , dia udah rindu sama ibunya , ih so sweet banget , beda denganku sunguh beda banget , gumam intan dalam hati di kesunyiannya air matanya masih mengalir.

Berhari-hari dia mempertanyakan hal itu sampai dimana dia tak dapat kabar lagi tentang bimo setelah pengemuman kelulusan itu , dia mencarinya entah kemana sampai menanyakan ke keluarganya disini pun mereka bungkam tak member tau keadaan anak itu , salah apa aku Ya Allah sampai begitu aku loss contact , kemana dia intan bertanya pada dirinya pada hatinya saat malam itu.










Setelah kejadian itu dia pun tak dapat kabar sama sekali bertahun-tahun hampir empat tahun , dia tak pernah lagi melihatnya , bahkan sms atau telepon pun tak pernah lagi , kemana dia aku berusaha mencarinya , ya aku mencarimu lalu dia seperti biasa mendengar lagu kenangannya My heart

Disini kau dan aku terbiasa bersama
Menjalani kasih sayang
Pernahkah kau menguntai
Hari paling indah
Disini nama kita berdua
Disini surga kita
Bila kita mencintai yang lain
Mungkinkah hati ini akan tegar
Sebisa mungkin tak akan pernah sayangku akan hilang

Lagu itu di dengarkannya samapi habis hingga intan terlelap di bangku taman itu tempat dimana dia sering bersama setiap sore sepulang sekolah , harus nya kamu ada sekarang sayang , ia di tempat ini sesuai dengan lagu yang saat ini kudengar , airmata ku menetes lagi kemana kamu tak ada kabar lagi , kemana kamu yang mengerti aku , yang selalu mengiatkan aku untuk sholat dan makan , yang selalu cubit pipi aku bikin aku jengkel kalau lagi belajar di sekolah , sekarang kamu kemana ya aku rindu semua itu , hingga bertahun-tahun aku tak bisa dengan utuh berpindah hati ,selalu terbayang kenangan itu , sambil menangis dia terus bernyanyi lagu kenangan terindah

Bila yang tertulis untukku
Adalah yang terbaik untukmu
Kan ku jadikan kau kenangan
Yang terindah dalam hidupku
Namun takkan mudah bagiku
Meninggalkan jejak hidupmu
Yang tlah terukir abadi
Sebagai kenangan yang terindah ho..hoo
hoo












Saat itu terulang Lagi , kau lebih Dewasa

Ya hal itu memang benar dia tak memberi kabar setelas kelulusan itu ,  mungkin benar iya move on dari kota ini , untuk menetap dikota kelahirannya , ya di Kotabumi Lampung , kota dimana sangat bersebrangan bahkan harus menyebrang lautan ya tepatnya di pulau sumatera , pulau di barat pulau jawa tentunya , semenjak pernyataan itu tak ada kabar sama sekali hingga bertahun-tahun intan tak pernah melihatnya lagi sampai dimana waktu itu tiba , ternyata dia lost contact denganya hanya untuk mengetahui seberapa besar rasa cinta dan sayang intan pada dirinya , terbukti mezskipun intan sekarang kelas 3 SMP samapi dimana ia mau lulus , intan baru mengetahui bahwa selama ini bimo bungkam dan lost contact karena hal itu , sempat Intan menjalin hubungan dengan cowok lain , tapi Cuma bertahan 1 minggu paling lama juga 3 bulan karena intan mencoba membuka hati untuk cowok lain , tapi itu tak bertahan lama , intan tetap mengharapkan cinta pertamanya itu ya betul dia menjalin hubungan dengan yang lain tanpa rasa sayang yang jelas , hatinya tetap pada satu nama yang tetap terukir yang dipahat oleh pisau cinta nya dia itu BIMO GEMILANG ya dia masih menyanyangi dan mencintainya hingga saat ini , intan tau hal hal aneh kembali ketika dia satu pengajian dengannya, ia dia kembali kedalam hidupnya dimana dengan tidak sengaja bimo sering membuat perhatian intan beralih padanya kembali.

Sampai pada suatu hari dia bilang  begini , ‘’ tan bagaimana putrid pacar gue yang di FB cantik gak , gimana orang menurut lo ? Deg intan kaget bimo punya pacar lagi siapa dia aku taka tau , aku jawab sekiranya ya lumayan , meskipun pernyataanya itu membuat hatiku seperti tersayat , lalu dengan mantan-mantannya tak dapat kusebutkan namanya takut ada yang tersinggung bila ku menyebutkannya , selalu membuat aku sakit dan CEMBURU , rasa itu datang lagi sekian lama mulai kulupakan dan berusaha untuk menghapusnya namun, nihil hasilnya selalu gagal dan gagal , tetap aku masih menunggu mu saat kamu pergi waktu itu saat kamu tak lagi menghubungiku, tak lagi ku lihat wajahmu dihadapanku , kau buat aku bingung kau buat aku rindu, kau bbuat aku menunggu ya menunggu sekian lama mungkin hampir 4 tahun ku menunggumu kembali, hati ini masih tetap untukmu meski mereka berusaha masuk tuk menggamntikanmu tapi itu sia-sia bim’’ intan berbicara dalam hati entah rasanya oia ingin lontarkan semua hal itu padanya , ia supaya dia tau bahwa dia menunggunya, ia aku menunggu 4 tahun yang lalu , dan kisah 4 tahun yang lalu berulang mungkin 8 tahun lalu bim kisah manis itu, lalu kau pergi begitu saja menggantungkan persaanku hingga aku hampir putus asa tak dapat algi bertemu kamu, tapi Allah maha adil, malam itu saat hujan deras tiba saat dimana aku sedang mengajar ngaji anak-anak di bawahku, malam itu ketika aku sedang mengakjar ngaji ditempat pengajianku yang tak jauh dari rumahku, ia saat itu hujan begitu deras dan lumayan cukup dingin , lalu tiba-tiba ada seorang ibu datang ke tempat pengajianku untuk mencari ibu ustadzah muslihah guru ngajiku , entah mau apa ibu itu mencari ibu ustadzah.

Aku kenal betul sosok seorang ibu itu , ya dugaan ku tu benar bahwa dia ibunya mas bimo , aku baru mengenal dekat ibunya itu 6 tahun yang lalu saat ada acara keluarga di rumahnya ya , dari situ ku baru mengenal dekat begitu baik dan ramah , lembut , ya aku ingin ibuku lembut , terlintas bayangan wajahnya mamahku yang , tak dapat selembut itu , intan memutar kembali memorinya saat lemparan remot itu mengenai keningnya , entah apa salah dia sampai dia memar terkena remote itu, sungguh ingin menangis bila ia mengingat hal , itu semua yang tak dapat kucritakan , karena aka nada orang yang tersinggung membacanya , jelas aka nada yang tersinggung dan tertampar bathinnya .
Ya ibu itu bilang begini ke aku ‘’ neng intan maaf ada ibu ustdzahnya ? ‘’ hmmm aku pun menjawab ‘’ ada ibu ada apa ya , menanyakan ibu ustadzah ada hal yang penting bu , biar saya sampaikan  ,ibu ustdzah nya da di dalam bu , ibu tunggu sebentar ya , sambung intan ‘’ iya neng makasih ibu tunggu disini , sahut ibu itu ya , sahut tante tami iya dia ibunya mas bimo, teriang nama itu ditelinganya lalu intan berlalu memanggil ibu ustadzah, beberapa menit kemudian ibu ustadzah pun datang bersamaku, lalu tante tami mulai membuka pembicaraannya, namun aku kembali mengajar ngaji  adek-adek kelas ku itu.

Lalu stelah selesai tante pun pamit, aku tak tau apa yang beliau berdua bicarakan , lalu karena aku penasaran aku langsung mennanyakan pada ibu ustadzah, ‘’ Afwan Ummi tadi ibunya bimo ada perlu apa ketemu Ummi , afwan mi intan penasaran, cakapnya lalu Ummi menjawab ‘’ oh ini neng katanya sih Bimo pengen ngaji disini, ia tadi Umminya bimo bilang gitu ‘’ , sahut Ummi lalu intan menjawab ‘’ oh gitu mi ada angin apa ya mi dia tiba-tiba ingin ngaji disini, intan kembali terheran ,lalu Ummi menjawabnya kembali ‘’ Tidak tau geulis mungkin dia seneng disini ngajinya tidak membosankan, mungkin dia tau dari teman-temannya yang juga mengaji disini , lalu intan meneruskan omongannya ‘’ oh gitu ya Ummi, afwan ummi intan Cuma heran aja gitu tiba-tiba, syukron katsir Ummi informasinya .’’
Ummi pun membalas terima kasih intan “ Afwan jiddan neng, ya udah kembali mengajar nagaji nya, ayo mari nanti habis ini neng yang jadi imam buat anak-anak akhwatnya ya , kalau yang anak-anak Ikhwan misah sholat di Masjid, ucap ummi padaku, lalu aku menjawab ‘’ iya ummi ‘’, lalu aku tersenyum dan selesai mengaji ku menjadi imam buat adek-adeku. .

          Setelah kedatangan tante Tami ke pengajianku kemarin aku mulai sedikit senang karena mas bim ngaji di pengajian yang sama denganku , ya dia datang dengan sepeda kenagan itu dengan koko berwarna putih susu dan sarung coklat yang lumayan serasi , membuat aku terkesima melihatnya , Ikhwan yang Sholeh calon imam masa depanku , aku berkhayal sebelum pengajian dimulai , lalu deg dia memberikan salam ‘’ Assalamu’alaikum Wr.Wb kalian sudah tau saya kan jadi tak perlu saya memperkenalkan diri saya panjang lebar.

 Aku pun membalas salam nya wa’alaikumsalam ya Akhi silakan duduk , memang tak ada hijab di pengajian kami semuanya berbaur , namu kami masih menjaga jarak , semenjak tak ada kabar darinya aku mulai merubah tingkah lakuku juga kebiasaan ku sekarang aku tak seperti dulu yang suka pakai rok diatas lutut ya sekarang aku berubah menjadi lebih muslimah , semenjak kelas 1 SMP , ya aku bukan aku yang dulu , lebih anggun dan tidak tomboy , dengan berhijab , Ummi meperkenalkannya pada anak-anak satu pengajian dan dia pun mulai berbaur .

Hampir 2 tahun lamanya dia mengaji di pengajian ini samapi ia akhirnya vacuum total , saat masuk SMA nah pada saat itu aku tak tau mungkin dia sudah punya hati yang lain , mungkin saja aku tak tau , jelas namanya nanda tak tau siapa nama lengkapnya , aku tak peduli siapapu dia tapi aku tetap menyanyanginya meski sekarang bertepuk sebelah tangan, ya itu kalimat yang tepat untukku bertepuk sebelah tangan , mengapa kau hadir disaat ku sendiri namun kau memiliki kesasih , kau masih gantungkan persaanku 7 tahun yang lalu.

Kau bahkan tak bilang kata PUTUS padaku kau pergi begitu saja lalu kau kembali lagi , disaat aku masih berharap rasa sayangmu itu ada untukku, aku ingin menanyakan mengapa kau begitu saja pergi tak mengabariku mengapa, mungkin pertanyaan itu akan mengungkit masa lalu, menampar hatinya, namun ku tak berani menanyakan hal itu , buat apa aku gak ada hak , tapi aku perlu tau alasannya mengapa kau lakukan itu sampai aku menunggu hingga hampir putus asa , ku mencari, menayakan tapi tak ada yang tau sampai ku menyelidikinya sendiri, ternyata kau bersekolah di SMP 3  aku kenal betul karena SMP itu tempat mamahku dulu sekolah dan auntie ku mereka Alumni sekolah itu sedangkan aku di SMP 5 justru aku tau, karena hampir seluruh guru-gurunya aku kenal  dan bahkan sebagian anak-anak smp itu temanku juga , mulai dari kaka kelasnya sampai adek kelas bahkan sebaya dengan ku , ya aku tau dari kak Adam teman se Madrasahku bahkan sekelas.


 Dia bilang bahwa Bimo bersekolah di sekolah yang sama dengannya , begitu juga inda sahabat dari SD ku , ya inda pun bilang hal yang sama , juga arry bahkan mereka sekelas dan satu eskul ya sekarang dia bukan eskul pramuka lagi tapi anggota paskibra , hmmm paskibra bagiku itu sangat bagus karena diajarkan kedisiplin juga baris-berbaris , paskibra dulu SMP ku sempat masuk eskul itu namu tak bertahan lama karena aku sering sakit dan tak kuat dengan teriknya sinar matahari.

Mulai dari situ aku menyelidikinya , akhirnya kau kembali aku masih bertanya mengapa kau dulu pergi begitu saja , apa salahku padamu yang membuatmu loss contact denganku , apa bim , apa aku ingin bertanya tapi aku takut , ya aku takut akan di tak acuhkan lagi , biar waktu yang akan menjawab pertanyaanku itu.

Saat dimana aku bertemu dengan inda , dan menayakan dia , iya dia BIMO GEMILANG nama yang masih ada dihatiku , aku slalu bilang pada inda mungkin dia pun tau ataukah sebaliknya aku tak tau itu, namun inda sering bilang , tan dia memperhatikanmu dari jauh ,inda cakap begitu padaku , lalu aku bilang ah masa nda  aku bertanya , dia bukan yang dulu aku kenal sekarang dia sombong , jutex dan cuek bahkan tak mau mengeanalku lagi meski dulu sempat satu pengajian lalu dia vacuum nda , lalu indah menjawabnya ‘’ ia dia berubah tapi dia memperhatikanmu’’ aku pun hanya biasa terdiam mendengar pernyataan inda , nah inda sekarang menjalin hubungan dengan Ridwan ya ridwan teman SD dulu wah , pada awet ya , dari inda , ina , dini , pada bersatu , aku gimana  donk dia kembali tapi hatiku ya gitu deh bertepuk sebelah tangan, lalu aku menyalakan ponselku dan mendengarkan 2 buah lagu dari padi dan dewa 19
Pupus
Baru kusadari Cintaku bertepuk sebelah tangan
Kau buat remuk seluruh hatiku …….
Lalu lagu padi
Ingin kubunuh pacarmu saat dia peluk dan cium bibirmu

Sepenggal lagu itu membuat hatinya teriris dan intan kembali meneteskan ar mata pilu , ia cintanya bertepuk sebelah tangan sekian lama ia menunggu kehadirannya kembali , namun saat ia bertemu kemabli dengan dia , dia tak lagi sendiri dia ada yang memiliki.
 Tiba- tiba terbesit di hati “ Jessss harapannya musnah lalu dia menangis mengetahui hal itu , Kemana dulu Kamu , lalu intan bernyanyi lagu ungu
Kuingin slamanya ada disampingku , menemani diriku hingga ujung usiaku
Dan lagu Rossa
Dahulu kau mencintaiku dahulu kau menginginkan ku
Meskipun tak ada jawabku , dan kau pergi tinggalkan aku
Sekarang kau pergi menjauh , sekarang kau tinggalkan aku



Lagu itu ia dengarkan sampai habis dan lagu terakhir yang di dengarnya adalah lagu the Melly Goeslaw yang pada saat itu masih booming
Ia Gantung
Sampai kapan kau gantung cerita cintaku ,
Memberi harapan , hingga mungkin kutak sanggup lagi
Dan meninggalkan dirimu .ooo
Kau gantungkan hubungan ini
Kau biarkan aku tanpa sebab
Mauanya apa
Kuharus bagaimana kasih

Lagu itu sampai habis didengarnya sampai akhirnya ia mematikan Mp3 nya , lalu ia bergegas pulang dari rumahnya inda , ndapun sampai menghabiskan tisu yang ada dikamarnya hanya untuk mengusap air mata intan yang berlinangan , intan pun pamit pulang ‘’ nda aku pulang dulu mungkin kalau ada waktu lagi aku main lagi kesini , maaf ya gara-gara aku tissue kamu jadi habis ,hehehe , senyum sih senyum tapi air mata masih bercucuran.

Berminggu-minggu setelah pengumuman kelulusan Ujian SMP , intan langsung mendaftar ke SMA Negeri 1 Karawang ya SMA terfavorit bahkan RSBI , pas tes intan kaget Loh Dia juga Ikut tes disini , sumpah gak boong kaget banget , mungkin kalo jodoh itu gak kemana , gumam intan dalam hati tapi setelah pengumuman seleksi intan melihat di website sekolah ini nama dia tak tera di deretan siswa yang lulus , disana intan sedih dan kecewa kukira dia bakal keterima sama seperti ternyata hanya aku hmmm mungkin belum saatnya bersama kembali , ya itu yang ku ucapkan saat itu.

Setelah pengumuman itu aku mulai mencari tau sekarang dia Sekolah dimana dan ternyata Di SHS 3 Karawang , atau lebih di kenal SMANTIKA , wow sekolah ini juga bagus apalagi di bidang ilmu pendidikan Agama islamnya , yam au tesnya juga Baca Al- Qur’an Subhanallah aku terkagum-kagum , Alhamdulillah kalau begitu lumayan deket tapi ternya , tidak sesuai harapan  sama-sama sibuk sampai dimana aku memberanikan diri untuk menghubunginya lagi aku send message ke no simpati nya
Assalamualaikum maaf ini dengan Bimo bukan ?
Lalu aku send saat itu juga , hampir satu jam aku menunggu balasan hingga ada balasan darinya
Ia ini saya Bimo , maaf kamu siapa ya ?
Aku ragu untuk membalasnya ia aku takut takkan dibalas lagi , tapi aku memberanikan diri untuk membalas pesannya itu ya aku kirim sekali lagi lalu
Deg , Aku In…….
Dibalas In siapa?

Aku Intan temen SD kamu dulu
Jleb gak sih Temen SD hah temen apa gak ada yang lebih bagus dari kata itu apa kek , tapi ya permulaan kali aja berlanjut, benar dugaanku
Dibalas lagi
Oh intan , tapi intan mna?
Sontak aku kaget mendengarnya masa dia lupa sih sama aku tega  banget tapi , tak hiraukan itu aku langsung keep silent dan non aktifkan hp ku sampai aku berani membalasnya lagi keesokan hari atau lusa bahkan nanti, ia nanti saja daripada nanti aku malu sendiri .

Setelah dari pemberanian diri itu tepat tanggal 25 desember 2010 , ya , aku mencoba menghubunginya kembali  responnya lumayan bagus selama hampirseminngu aku mulai bercontact lagi dengannya sampai dimana  dia Bilang tepat tanggal 03 januari 2011 dia memberanikan diri dan datang padaku lalu , dia bilang
Tan apakah kamu masih menyimpan rasa itu padaku , sontak aku kaget maksudmu apa jangan membuat aku geer lagi deh , dia pun melanjutkan ia rasa itu rasa di masa lalu , jlebb aku terdiam aku harus bilang apa kok dia tiba-tiba bilang seperti itu , hinnga tiba saatnya pukul 16.00 ia tepat dia meliat pada jam tangan pemberianku dulu lalu dia bilang ‘’ tan jawab dong apa kamu masih intan yang saat pertama kali aku menyakan kalimat itu ‘’ aku tetap diam , jantungku berdebar kencang , darahku berhenti mengalir , kaupun sampai keringat dingin harus bilang apa padanya kalau Ia apa mungkin dia akan menyambung kembali hubungan yang selama ini mengagntungkan diriku atau hanya mengujiku saja , Ya Allah aku bingung harus jawab apa sama dia Ya allah tolong aku , dari kebungkaman ku ini aku tak mau ditinggalkannya seperti dulu lagi tanpa alas an yang jelas aku tak mau luka itu kembali menghampiriku ‘’ dalam hati nurani ku bekeluh.

Lalu aku membuka suara, “ Ya …. Aku masih seperti dulu hatiku masih seperti dulu , namun bukankah kamu sekarang bersama Nanda atau siapalah itu yang sering kau sebut princess cemong , ya princess cemong masih ku ingat itu ‘’ intan pun ragu dengannya tapi dia kembali lagi dan dia tak mau kekasih yang selama ini dia tunggu pergi lagi, kesempatan emas itu tak datang untuk dua kali , dan dia pun megambil keputusan tepat pukul 16.00 dia datang lagi kerelung hatinya , deg bimo kembali angkat bicara ‘’ aku masih suka kamu , tapi aku punya dia ia dia yang sering membuat ku kecewa, kitaa jalanin lagi seprti dulu ku bulat kan niatku kali ini , sekali intan mau kah kau kembali mengulang masa indah itu bersama 8 tahun lalu ketika kau belum tau cinta itu, INTAN PADIA LESTARI AKBAR, maukah kau mengobati luka ku karena ku bersamanya , Tegas nya dan ia tertunduk , tiba-tiba dessss terasa seperti air yang sejuk memasuki relung hati intan intan pun mengungkapkan perasaannya.


 ‘’ Serius atau main-main , apa maksudmu kau masih punya dia , aku tak mau jadi duri mawar itu ya duri mawar yang akan menusuk ku bahkan tak disadari akan menusuk dan berdarah , aku tak mau seperti dulu , dulu mengapa kau meninggalkan ku tanpa sebab yang jelas , kemana aku mencarimu , ku ke rumahmu tapi hasilnya tak ada , tapi aku masih menyayangimu ,intan pun tertunduk tak dia sadari air matanya menetes.

Ia dia ingat saat intan sedang jaga warnetnya, tiba-tiba dia datang sama Arry  ya dia memakai T-shirt merah dengan jeans blue doonker  , deg  intan langsung diem tak dapat berkata –kata satu kalimat pun , ia di client 5 sedangkan aku di server , jelas banget sekali-kali dia melirik ku , tatapan kami satu garis berasa ada sinyal listrik mengalir ke tubuhku , Ya Allah apa maksudnya dari tatapan itu ?” intan diam dan tetap terfokus pada LCD nya .

Saat dia selesai dengan tugasnya itu lalu dia membayarnya , dan tidak disengaja kami bertatapan ya begitu dekat tak ada jarak dekat sekali , dia mengulurkan tangannya lalu memberikan uangnya kepadaku , jesss hatiku seperti di beri tumpukan salju tak ada jarak sama sekali , dengan tak sadar dia menarik tanganku dan memegang tangan ini begitu lama , hingga aku keliru memberikan uang kembalian , biusan senyumannya itu membuat aku tak berdaya , tak bergeming , apa ini rasa rindu itu rasa cinta itu yang sempat berusaha ku hapus karena sia-sia dia tak kembali , aku tak kuat untuk menatapnya aku tertunduk lalu ku beri uang kembalian itu, lalu tak sengaja ku melihat tatapan terakhirnya dari ujung mataku , bukan tatapan biasa , tatapan yang ada tanda tanya besar , Mungkin .. ia mungkin sama dengan dugaanku.

Setelah pertemuan itu kembali intan mengulang memorinya membuka foto kenangan itu , tak kuasa, lalu setelah dia mengungkapkan itu bmo pun mencoba meyakinkannya , ‘’ kita jalani saja mengalir seperti air itu, sekali lagi kau masih sayang aku chaby ? ungkapnya , Chaby kata itu diucapkan lagi sontak intan kaget, tak berpikir lama takut daia pergi lagi dan aka nada penantian lagi , lalu ‘’ Aku ….. tak mau kehilanganmu lagi, ya aku ingin itu terulang lagi tapi bagaimana dia, aku ragu aku tak mau jadi duri, intan kembali menyangkal .

Bagaimana dengan ajakan ku tadi , aku butuh jawaban itu saat ini juga chaby, aku mohon kau masih ada di relung jiwa ini ,memohon dia inginkan aku ya aku yang dia mau , aku tak berkata lagi dan mengangguk , artinya ia .

Kata Ia itu langsung membuat aku tersungkur kepelukannya , terasa sentuhan lembut bibirnya detak jantungnya begitu cepat , pegangan tangannya begitu kuat sampai aku sesak sulit bernafas di pelukannya , ku merasa kehangatan itu kehangatan yang dulu pernah ia berikan dimasa indah itu , kenangan itu terulang lagi namun sekarang bukan cinta monyet lagi yang teman-temanku bilang ejak aku masih SMP masa dimana aku mulai masuk ke masa Remaja , masa dimana perubahan itu terjadi dan sekarang aku mulai mencari jati diri bersamanya .
Masih terasa kehangatannya di sore itu Senin sore dimana aku dan dia kembali bersatu mengulang masa-masa dulu , penantianku , rindu , sayangku disambutnya kembali.


Tak Mau Kau Pergi lagi


Setahun berlalu sampai dimana sebelum aku masuk rumah sakit selama 1 bulan stengah ya aku coma karena penyakit yang aku alami , namun lebih dulu ia yang masuk rumah sakit.

Ya dia sakit kelebihan sel darah putih yang lebih dikenal dengan Leukemia , ia dia sakit itu yang membuat ku shock berat mengetahuinya, lalu dia dibawa ke ada hospital di pusat kotabumi lampung sedangkan aku berada di kota yang jauh darinya , jauh terhalang oleh laut yang luat terhalang oleh selat sunda dan gunung Krakatau.

Seminggu setelah dia masuk hospital aku baru mengetahui tentang hal itu , padahal dia tak pernah mengeluh sakit padaku tapi ternyata , ya ampun aku jahat sampai dia sakit parah begitu aku tak tau sama sekali , memang tak ada yang member tau kepadaku , sekalipun itu untuk member tau bahwa dia masuk rumah sakit ya di ICU menggunakan alat Calibration equitment , alat yang pendetak jantung itu aku pun baru tau sampai dia pun memakai alat bantu pernafasan selama berbulan-bulan ia tak sadarkan diri , aku belum mengetahui bahwa dia sudah stadium gawat , stadium petengahan yang ku tau itu sudah parah, ya leukemia hampir merenggut nyawanya , hampir aku akan kehilangannya lagi.

Cewek cantik yang sangat akrab denganku sudah ku anggap seperti adikku sendiri , ya dia bernama Ananda Putri Rohalida, dia pun satu sekolah dengan bintang ia namun dia sungguh cerdas dia mengikuti kelas excel , kelas dimana orang-orang yang ber IQ tinggi , bayangkan saja kelahiran 1998 sudah masuk SMA , berarti sungguh cerdas dong , seharusnya seumuran dia masih sekolah di tingkat SMP,  ya dia yang memberitahukan ku setelah berbulan-bulan aku mengkhawatirkannya , karena tak ada kabar selama berbulan-bulan itu dia menghilang lagi , ternyata sewaktu dia pertama masuk ke hospital dia bilang keseluruh keluarganya jangan beri tau dia kalau aku mengidap Leukimia , aku mohon aku tak mau dia sedih lagi , mengkhawatirkan ku lagi . Sudah cukup dia mengkhawatirkan ku selama 4 tahun lalu , tolong jangan bilang hal ini , terutama kamu Putri , jangan bilang ke Mbak Intan kalo mas Bintang mengidap Leukemia , mas mohon sama kamu ya de., Ungkapnya lalu Putripun Mengiiyakan semua amanat darinya .

Leukeumia sering disebut Penyakit kanker darah , penyebab kematian yang sangat cepat , aku khawatir kamu bakal ninggalin aku ya gundah aku ketika ku mengetahui hal itu sayang , gumamku dalam  doa malam ini.
Saat ku dengar kabar itu sontak ku hampir pingsan , tak ada yang mengetahuinya , mungkin kau sedang bersandiwara ataupun memang benar aku tak tau pasti karena kau jauh disana .

Hal ini bukan candaan yang lucu tapi serius bukan main-main aku pun menyesi , ia menyelidikinya , hingga aku membuat ilustrasi ku samarkan namamu ini ilustrasi yang kamu alami .

Sedikit ku jelaskan tentang leukemia tu sebenarnya apa dan sebahaya apa sampai aku takut kehilanganmu mas sungguh aku takut kau pergi lagi.
Leukemia adalah jenis kanker yang mempengaruhi sumsum tulang dan jaringan getah bening. Semua kanker bermula di sel, yang membuat darah dan jaringan lainnya. Biasanya, sel-sel akan tumbuh dan membelah diri untuk membentuk sel-sel baru yang dibutuhkan tubuh. Saat sel-sel semakin tua, sel-sel tersebut akan mati dan sel-sel baru akan menggantikannya.

Tapi, terkadang proses yang teratur ini berjalan menyimpang, Sel-sel baru ini terbentuk meski tubuh tidak membutuhkannya, dan sel-sel lama tidak mati seperti seharusnya. Kejanggalan ini disebut leukemia, di mana sumsum tulang menghasilkan sel-sel darah putih abnormal yang akhirnya mendesak sel-sel lain.

Apa penyebab Leukemia?
Dokter tidak selalu bisa menjelaskan mengapa ada orang yang mengidap leukemia sedangkan orang lain terhindar dari penyakit itu. Namun, kita tahu bahwa orang dengan faktor-faktor risiko tertentu lebih besar kemungkinannya terkena leukemia.
Penelitian menemukan bahwa orang yang terpapar radiasi sangat tinggi dan zat kimia industri (misalnya benzena dan formaldehida) memiliki tingkat risiko leukemia yang lebih besar.

Selain itu, pasien yang dirawat dengan obat-obatan anti-kanker (seperti bahan-bahan alkilasi) terkadang terkena leukemia beberapa tahun mendatang. Dan pasien yang terkena virus leukemia sel-T manusia (HTLV-I/Human T-cell leukemia virus-I) juga rentan terhadap penyakit ini. Faktor-faktor risiko lainnya termasuk orang dengan genetika tertentu (misalnya sindroma Down) atau kelainan darah tertentu (seperti sindroma myelodysplastic).


Gejala
Seperti semua sel-sel darah, sel-sel leukemia mengalir ke seluruh tubuh. Tergantung pada jumlah sel-sel yang abnormal dan tempat sel-sel ini terkumpul, pasien leukemia mempunyai sejumlah gejala umum antara lain:
·         Demam atau keringat malam
·         Infeksi yang sering terjadi
·         Merasa lemah atau letih
·         Sakit kepala
·         Mudah berdarah dan lebam (gusi berdarah, bercak keunguan di kulit, atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit)
·         Nyeri di tulang atau persendian
·         Pembengkakan atau rasa tidak nyaman di perut (akibat pembesaran limpa)
·         Pembengkakan, terutama di leher atau ketiak
·         Kehilangan berat badan
Diagnosis
Jika Anda mempunyai gejala atau hasil skrining yang mengarah ke penyakit leukemia, dokter harus mengetahui apakah gejala tersebut berasal dari kanker atau dari kondisi kesehatan yang lain. Anda akan diminta untuk menjalani tes darah dan prosedur diagnostik berikut ini:
·         Pemeriksaan fisik – dokter akan memeriksa pembengkakan di kelenjar getah bening, limfa, limpa dan hati.
·         Tes darah – laboratorium akan memeriksa jumlah sel-sel darah. Leukemia menyebabkan jumlah sel-sel darah putih meningkat sangat tinggi, dan jumlah trombosit dan hemoglobin dalam sel-sel darah merah menurun. Pemeriksaan laboratorium juga akan meneliti darah untuk mencari ada tidaknya tanda-tanda kelainan pada hati dan/atau ginjal.

·         Biopsi – dokter akan mengangkat sumsum tulang dari tulang pinggul atau tulang besar lainnya. Ahli patologi kemudian akan memeriksa sampel di bawah mikroskop, untuk mencari sel-sel kanker. Cara ini disebut biopsi, yang merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah ada sel-sel leukemia di dalam sumsum tulang.
·         Sitogenetik – laboratorium akan memeriksa kromosom sel dari sampel darah tepi, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening.
·         Processus Spinosus – dengan menggunakan jarum yang panjang dan tipis, dokter perlahan-lahan akan mengambil cairan cerebrospinal (cairan yang mengisi ruang di otak dan sumsum tulang belakang). Prosedur ini berlangsung sekitar 30 menit dan dilakukan dengan anestesi lokal. Pasien harus berbaring selama beberapa jam setelahnya, agar tidak pusing. Laboratorium akan memeriksa cairan apakah ada sel-sel leukemia atau tanda-tanda penyakit lainnya.
·         Sinar X pada dada – sinar X ini dapat menguak tanda-tanda penyakit di dada.




Pengobatan apa yang ditawarkan?
Kemoterapi
Sebagian besar pasien leukemia menjalani kemoterapi. Jenis pengobatan kanker ini menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel leukemia. Tergantung pada jenis leukemia, pasien bisa mendapatkan satu jenis obat atau kombinasi dari dua obat atau lebih.
Pasien leukemia bisa mendapatkan kemoterapi dengan berbagai cara:
·         Melalui mulut
·         Dengan suntikan langsung ke pembuluh darah balik (atau intravena)
·         Melalui kateter (tabung kecil yang fleksibel) yang ditempatkan di dalam pembuluh darah balik besar, seringkali di dada bagian atas - Perawat akan menyuntikkan obat ke dalam kateter, untuk menghindari suntikan yang berulang kali. Cara ini akan mengurangi rasa tidak nyaman dan/atau cedera pada pembuluh darah balik/kulit.
·         Dengan suntikan langsung ke cairan cerebrospinal – jika ahli patologi menemukan sel-sel leukemia dalam cairan yang mengisi ruang di otak dan sumsum tulang belakang, dokter bisa memerintahkan kemoterapi intratekal. Dokter akan menyuntikkan obat langsung ke dalam cairan cerebrospinal. Metode ini digunakan karena obat yang diberikan melalui suntikan IV atau diminum seringkali tidak mencapai sel-sel di otak dan sumsum tulang belakang.
Terapi Biologi
Orang dengan jenis penyakit leukemia tertentu menjalani terapi biologi untuk meningkatkan daya tahan alami tubuh terhadap kanker. Terapi ini diberikan melalui suntikan di dalam pembuluh darah balik.

Bagi pasien dengan leukemia limfositik kronis, jenis terapi biologi yang digunakan adalah antibodi monoklonal yang akan mengikatkan diri pada sel-sel leukemia. Terapi ini memungkinkan sistem kekebalan untuk membunuh sel-sel leukemia di dalam darah dan sumsum tulang. Bagi penderita dengan leukemia myeloid kronis, terapi biologi yang digunakan adalah bahan alami bernama interferon untuk memperlambat pertumbuhan sel-sel leukemia.

Terapi Radiasi
Terapi Radiasi (juga disebut sebagai radioterapi) menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel leukemia. Bagi sebagian besar pasien, sebuah mesin yang besar akan mengarahkan radiasi pada limpa, otak, atau bagian lain dalam tubuh tempat menumpuknya sel-sel leukemia ini. Beberapa pasien mendapatkan radiasi yang diarahkan ke seluruh tubuh. (Iradiasi seluruh tubuh biasanya diberikan sebelum transplantasi sumsum tulang.)

Transplantasi Sel Induk (Stem Cell)
Beberapa pasien leukemia menjalani transplantasi sel induk (stem cell). Transplantasi sel induk memungkinkan pasien diobati dengan dosis obat yang tinggi, radiasi, atau keduanya. Dosis tinggi ini akan menghancurkan sel-sel leukemia sekaligus sel-sel darah normal dalam sumsum tulang. Kemudian, pasien akan mendapatkan sel-sel induk (stem cell) yang sehat melalui tabung fleksibel yang dipasang di pembuluh darah balik besar di daerah dada atau leher. Sel-sel darah yang baru akan tumbuh dari sel-sel induk (stem cell) hasil transplantasi ini.
Setelah transplantasi sel induk (stem cell), pasien biasanya harus menginap di rumah sakit selama beberapa minggu. Tim kesehatan akan melindungi pasien dari infeksi sampai sel-sel induk (stem cell) hasil transplantasi mulai menghasilkan sel-sel darah putih dalam jumlah yang memadai.

Jenis dukungan apa saja yang tersedia?
CanHOPE adalah sebuah tim pendukung hasil inisiatif ParkwayHealth bersama dengan tim dokter multi-disiplin yang berupaya menjalankan metode holistik untuk merawat kanker tanpa ada biaya tambahan. Para penasehat menjalankan layanan konseling kanker melalui telepon hotline dan email, untuk memberikan dukungan emosi dan psiko-sosial kepada semua pasien dan perawatnya, agar mereka bisa mengatasi kanker dengan efektif. Layanan konseling temu muka juga bisa diselenggarakan.

Pasien, profesional kesehatan & publik juga bisa mendapatkan informasi kanker terbaru, tes skrining yang terkait, pengobatan dan rujukan ke layanan kanker yang tepat, informasi untuk layanan rehabilitasi dan layanan dukungan lanjutan, saran-saran tentang efek samping pengobatan kanker, strategi mengatasi kanker, pola makan serta gizi.

Ku tau  begitu sakit yang kau rasakan apalagi saat kau menjalani kemotraphy ku taksanggup melihat kesakitanmu itu, apa mungkin sekarangpun kau masih sakit yak au akhir-akhir ini juga sering masuk rumah sakit, tapi kau tak member tau aku tentang keadaanmu yang sebenarnya ia saat ini kau masih menyembunyikan nya .


Pengorbanan Mawar


  Kisah ini terjadi pada awal bulan agustus 2011, sengaja ku abadikan lewat penggalan
Perjalanan hidup seorang anak laki-laki yang begitu dramatis sebut saja dia bintang (bukan nama sebenarnya )
Dia anak pertama dan mempunyai 2 adik laki-laki meteor dan mars ( bukan nama sebenarnya ).

Bintang Menderita Penyakit yang begitu ganas dapat menyebabkan kehilangan nyawanya yaitu dia menderita penyakit Leukemia stadium III , sudah hampir lebih dari 1 tahun dia menderita penyakit ini , bahkan dia pernah mengalami koma selama berhari-hari mukjizat dia bisa tersadar lagi bahkan dokter yang menanganinya pun sudah angkat tangan karena tak ada semangat dalam diri bintang untuk melawan sakitnya itu  dia mempunyai seorang keponakan yang selalu menemaninya sebut saja Matahari ( bukan nama sebenarnya ) matahari sllau setia menemani bintang siang dan malam di rumah sakit bahkan dia sampai tidak bisa tidur karena dia melihat bintang sering mengeluh kesakiitan bintang butuh suport dan motivasi untuk hidup dari orang-orang yang dia cinta dan sayangi itu menurut dokter karena hal itu bintang bisa lebih semangat . Bintang mempunyai seorang kekasih yang begitu bawelll menurut bintang sih dia motiasi baginya sebut saja dia mawar( bukan nama sebenarnya ) mawar perempuan yang dia cintai yang sllau dia sayangi ....... mawar shock ketika menngetahui bintang menderita Leukemia tapi mawartetap ada memberi semangat untuk bintang setiap hari mawar menceritakan hal-hal yang lucu kepada bintang agar bintangtak bersedih dan mawar pun berhasil membuat bintang tertawa kembali saat bintang koma tak adayang bisa membuat bintang terbangun bahkan saat matahari mencoba memberi semangatpadanya tak ada sedikitpun reaksi dari bintang .

Namun saat mawar banyak menceritakan  hal-hal tentang bintang ada sedikit respon dari bintang, mawar bukan anak perempuan biasa dia bisa berbicara dengan malaikat dan dia bisa mengubah waktu yang tadinya bergerak perlahan-lahan diam  , ketika mawar bermimpi bintang tlah kembali ke pangkuan sang ilahi rabbi mawar pun beranjak dari tempat tidurnya dia terdiam dengan penuh makna tak tau apa yang akan dia lakukan  beberapa menit kemudian ada telpon dari keluarga bintang bahwa bintang menangissaat mawar membacakn ayat suci al-qur'an padahal bintang dalam keadaan koma dan bintang jauh dari mawar tapi apakah ini mukzizat dari sang ilahi robbi untuk bintang tak lama berselang bintang tersadar dan semua orang yang ada disitu heran dan menucap syukur pada Allah dan bintang menceritakan kepada mawar lewat telpon " mawar kenapa kau adadalam mimpiku kau menarik tanganku dan saat aku tertidur aku mendengar suara lantunan ayat suci Al -Qur'an yang membuat aku terbangun dan ada seseorang yang mengajakku pergi tapi kau mencegahnya, dengan kau menarik kedua tangannya tapi siapakah orang itu mawar ? mawar pun hanya tersenyum mendengar bintang menceritakan hal itu padanya entah mawar mengetahui apa yang terjadi pada bintang sebelum bintang mengetahuinya hanya waktu yang akan menjawab semua pertanyaan bintang itu  . Dokter pun Heran " Subhanallah ini sebuah keajaiban karna dorongan semangat dari orang yang bintang sayangi dia bisa kembali pulih namun tak ada yang bisa mencegah hal seperti ini "  sehari sesudah itu mawar mendengar kabar  bahwa bintang tlah tiada mawar terdiam dan tak percaya akan hal itu sebelum ia melihatnya langsung keadaan bintang yang sebenarnya mawar mencoba menghubungi keluarga bintang untuk memastikan kabar yang simpang siur itu dengan tubuh yang gemetaran dan lemas mawar akhirnya bisa mengetahui hal yang sebenarnya yang bintang alami.

Akankah Bintang Bisa tetap bertahan  menjalani semua ini ataupun Bintang kembali pada sang pencipta hanya Allah yang mengetahui cerita kelanjutan dari kisah yang Dramatis ini semoga bintang Bisa Sembuh Dari Penyakit yang di deritanya dan dia Bisa kembali menjalani hidup dengan normal dan bahagia ......... amin ya robbalalamin  Dan mawar bisa setia menemani bintang sampai maut memisahkan mereka berdua .
Ini kelanjutan dari Cerpen Kisah nyata yang sebelumnya aku buat ..................

     Dan Sekarang Bintang Sembuh Dari sakitnya tapi bintang harus kehilangan sebagian memorinya bintang lupa terhadap mawar untuk selamanya ( Bintang amnesia )  dan di mata bintang mawar adalah  si prinses cemongnya , tuhan sembuhkan penyakit bintang tapi dia harus kehilangan sebagian memory hidupnya akankah bintang bisa ingat kembali sama mawar yang slama ini ada di kehidupan nyatanya ... namun semua tak bisa di cegah ketika dokter yang merawat bintang bilang " Bintang Sembuh namun Bintang Harus kehilangan sebagian memory Hidupnya terutama dia akan lupa terhadap mawar ...... " Mawar Ikhlas menerima pernyataan ini karena mawar tlah menerima  kosekuensi bila bintang sembuh Mawar takkan akan ada dalam memory hidup bintang dan bintang akan menganggap mawar itu adalah si prinses  cemong bukan Panda  bawell panggilan sayang bintang slama ini pada mawar.

    Mawar menjadi orang asing saat ini di mata Bintang untuk selamanya tapi mawar selalu memberi semangat pada Bintang meskipun sekarang bintang Lupa pada mawar Selamanya, padahal malam tadi bintang masih bisa Tertawa bercanda Ria bersama Mawar, tapi mawar takkan pernah pergi dari sisi Bintang meskipun sekarang mawar lain di mata Bintang .

     Mawar Bersikap Tegar Dihadapan Bintang Meskipun hatinya saat ini menangis Melihat waktu telah berbalik sekarang yang Bintang ingat Adalah Si prinses Cemong yang dulu pernah menyakiti hatinya , oh tuhan  kenapa orang yang bintang sayangi saat ini hilang semua memorynya di pikiran bintang  dan memory orang yang telah menyakitinya tetap ada dalam pikiranya Mawar sudah mengatahui jawaban nya sebelum dia bertanya pada tuhan .
     
Sekarang yang Mawar Lakukan hanya memberi inspirasi hidup kepada Bintang hidup bintang dan Mawar sekarang tlah berbeda memory mawar Lenyaplah sudah , tapi mawar tidak putus asa mawar malah bahagia Bintang tlah pulih Kembali walau MAWAR tak ada dalam kehidupannya sekarang dan Bintang membuka Lembaran hidup baru :'(.
     
Mawar tetaplah mawar Takkan Bisa berubah Menjadi Melati  Bintang Tetaplah Menjadi Bintang yang sllau bersinar Di hati Mawar dan Bintang tetaplah bintang yang dulu di hati mawar takkan bisa menjadi Orang lain sampai kapan pun Bintang tetap inpirasi bagi mawar meski dia sudah lupa untuk semuanya tentang mawar , bintang yang sekarang dia sedang bertanya-tanya  Mawar itu siapa dan dia tak mengenalnya .

      Kisah Cinta Abadi Bintang dan Dan Mawar Sekarang Memory yang Hilang dan semua ke khawatiran Matahari terhadap Bintang Terjawab sudah  matahari  sekarang Bintang Sudah melupakan Mawardan nama Mawar tak ada di kehidupannya lagi saat ini .

      Mawar tetap Tersenyum manis untuk bintang dan mawar tetap akan menjadi penjaga hati bintang Kisah Cinta Yang begitu tragis meskipun mawar tak percaya bahwa bintang sekarang lupa ingatan dan semua perjuangan bintang untuk mencegah hal ini terjadi sia-sia dia lupa segalanya :'( .

        Bintang mungkinkah dia Akan Kembali kepada Mawar Suatu saat nanti akankah bersatu kembali memory yang sekarang hilang akan kah bintang  menemukan cinta sejatinya kembali .

 BINTANG * Semoga kau Mengingat Semua Memory Indah Tentang Mawar ♥

Kisah Dua Sejoli ini akan tetap berlanjut sampai Bintang Menemukan diri Mawar Di dalam hatinya  kembali yang sekarang hilang tunggu kelanjutan dari kisah bintang dan mawar.

Maut itu Nyata

Maut Menghampiriku
Sepenggal kisah masa itu masa dimana Dia benar-benar dalam keadaan gawat , gawat sekali sebelum satu tahun kemudian giliran aku yang masuk dan coma di ruang ICU bahkan aku hampir saja, pergi dari dunia ini, karena aku Komplikasi obat penenang, obat kejang obat antibiotic. Penyakit yang langka menyerangku hanya 20 % kemungkinan selamat dari penyakit itu ya dari banyak pasien yang mengalami ini tidak selamat, mungkin Allah masih menyayangiku aku terjakit penyakit Steven Johnson Syndome, bila orang awam menyebutnya karena Alergi Obat.
 Ini sedikit untuk kalian , aku hanya ingin berbagi ilmu dalam ceritaku ini
Sindrom Steven-Johnson (SSJ) merupakan suatu kumpulan gejala klinis erupsi mukokutaneus yang ditandai oleh trias kelainan pada kulit vesikulobulosa, mukosa orifisium serta mata disertai gejala umum berat.
Sinonimnya antara lain : sindrom de Friessinger-Rendu, eritema eksudativum multiform mayor, eritema poliform bulosa, sindrom muko-kutaneo-okular, dermatostomatitis, dll. Istilah eritema multiforme yang sering dipakai sebetulnya hanya merujuk pada kelainan kulitnya saja.
Bentuk klinis SSJ berat jarang terdapat pada bayi, anak kecil atau orang tua. Lelaki dilaporkan lebih sering menderita SSJ daripada perempuan.
Tidak terdapat kecenderungan rasial terhadap SSJ walaupun terdapat laporan yang menghubungkan kekerapan yang lebih tinggi pada jenis HLA tertentu.

Penyebab

Etiologi SSJ sukar ditentukan dengan pasti karena dapat disebabkan oleh berbagai faktor, walaupun pada umumnya sering dikaitkan dengan respons imun terhadap obat.
Beberapa faktor penyebab timbulnya SSJ diantaranya : infeksi (virus, jamur, bakteri, parasit),
obat (salisilat, sulfa, penisilin, etambutol, tegretol, tetrasiklin, digitalis, kontraseptif),
makanan (coklat),
fisik (udara dingin, sinar matahari, sinar X),
lain-lain (penyakit polagen, keganasan, kehamilan).


Faktor penyebab timbulnya Sindrom Stevens-Johnson
Infeksivirus
jamur
bakteri

parasit              
 Herpes simpleks, Mycoplasma pneumoniae, vaksinia
koksidioidomikosis, histoplasma
streptokokus, Staphylococcs haemolyticus, Mycobacterium tuberculosis, salmonela
malaria
Obat
salisilat, sulfa, penisilin, etambutol, tegretol, tetrasiklin, digitalis, kontraseptif, klorpromazin, karbamazepin, kinin, analgetik/antipiretik
Makanan
Coklat
Fisik
udara dingin, sinar matahari, sinar X
Lain-lain
penyakit kolagen, keganasan, kehamilan
(Dikutip dengan modifikasi dari SL Moschella dan HJ Hurley, 1985)

Keterlibatan kausal obat tersebut ditujukan terhadap obat yang diberikan sebelum masa awitan setiap gejala klinis yang dicurigai (dapat sampai 21 hari). Bila pemberian obat diteruskan dan geja]a klinis membaik maka hubungan kausal dinyatakan negatif. Bila obat yang diberikan lebih dari satu macam maka semua obat tersebut harus dicurigai mempunyai hubungan kausal.
Obat tersering yang dilaporkan sebagai penyebab adalah golongan salisilat, sulfa, penisilin, antikonvulsan dan obat antiinflamasi non-steroid.
Sindrom ini dapat muncul dengan episode tunggal namun dapat terjadi berulang dengan keadaan yang lebih buruk setelah paparan ulang terhadap obat-obatan penyebab.


PATOFISIOLOGI

Patogenesis SSJ sampai saat ini belum  jelas walaupun sering dihubungkan dengan reaksi hipersensitivitas tipe III (reaksi kompleks imun) yang disebabkan oleh kompleks soluble dari antigen atau metabolitnya dengan antibodi IgM dan IgG dan reaksi hipersensitivitas lambat (delayed-type hypersensitivity reactions, tipe IV) adalah reaksi yang dimediasi oleh limfosit T yang spesifik.
Pada beberapa kasus yang dilakukan biopsi kulit dapat ditemukan endapan IgM, IgA, C3, dan fibrin, serta kompleks imun beredar dalam sirkulasi.

Antigen penyebab berupa hapten akan berikatan dengan karier yang dapat merangsang respons imun spesifik sehingga terbentuk kompleks imun beredar. Hapten atau karier tersebut dapat berupa faktor penyebab (misalnya virus, partikel obat atau metabolitnya) atau produk yang timbul akibat aktivitas faktor penyebab tersebut (struktur sel atau jaringan sel yang rusak dan terbebas akibat infeksi, inflamasi, atau proses metabolik). Kompleks imun beredar dapat mengendap di daerah kulit dan mukosa, serta menimbulkan kerusakan jaringan akibat aktivasi komplemen dan reaksi inflamasi yang terjadi.
Kerusakan jaringan dapat pula terjadi akibat aktivitas sel T serta mediator yang dihasilkannya. Kerusakan jaringan yang terlihat sebagai kelainan klinis lokal di kulit dan mukosa dapat pula disertai gejala sistemik akibat aktivitas mediator serta produk inflamasi lainnya.
Adanya reaksi imun sitotoksik juga mengakibatkan apoptosis keratinosit yang akhirnya menyebabkan kerusakan epidermis.
GEJALA KLINIK

Gejala prodromal berkisar antara 1-14 hari berupa demam, malaise, batuk, korizal, sakit menelan, nyeri dada, muntah, pegal otot dan atralgia yang sangat bervariasi dalam derajat berat dan kombinasi gejala tersebut.
 Kulit berupa eritema, papel, vesikel, atau bula secara simetris pada hampir seluruh tubuh.
Mukosa berupa vesikel, bula, erosi, ekskoriasi, perdarahan dan kusta berwarna merah. Bula terjadi mendadak dalam 1-14 hari gejala prodormal, muncul pada membran mukosa, membran hidung, mulut, anorektal, daerah vulvovaginal, dan meatus uretra. Stomatitis ulseratif dan krusta hemoragis merupakan gambaran utama.
 Mata : konjungtivitas kataralis, blefarokonjungtivitis, iritis, iridosiklitis, kelopak mata edema dan sulit dibuka, pada kasus berat terjadi erosi dan perforasi kornea yang dapat menyebabkan kebutaan. Cedera mukosa okuler merupakan faktor pencetus yang menyebabkan terjadinya ocular cicatricial pemphigoid, merupakan inflamasi kronik dari mukosa okuler yang menyebabkan kebutaan. Waktu yang diperlukan mulai onset sampai terjadinya ocular cicatricial pemphigoid bervariasi mulai dari beberapa bulan sampai 31 tahun.


DIAGNOSIS

Diagnosis ditegakkan berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisis, dan laboratorium. Anamnesis dan pemeriksaan fisis ditujukan terhadap kelainan yang dapat sesuai dengan trias kelainan kulit, mukosa, mata, serta hubungannya dengan faktor penyebab.
Secara klinis terdapat lesi berbentuk target, iris, atau mata sapi, kelainan pada mukosa, demam, dan hasil biopsi yang sesuai dengan SSJ .

Pemeriksaan laboratorium ditujukan untuk mencari hubungan dengan faktor penyebab serta untuk penatalaksanaan secara umum. Pemeriksaan yang rutin dilakukan diantaranya adalah pemeriksaan darah tepi (hemoglobin, leukosit, trombosit, hitung jenis, hitung eosinofil total, LED), pemeriksaan imunologik (kadar imunoglobulin, komplemen C3 dan C4, kompleks imun), biakan kuman serta uji resistensi dari darah dan tempat lesi, serta pemeriksaan histopatologik biopsi kulit.
Hasil biopsi dapat menunjukkan adanya nekrosis epidermis dengan keterlibatan kelenjar keringat, folikel rambut dan perubahan dermis.
Anemia dapat dijumpai pada kasus berat yang menunjukkan gejala perdarahan.
Leukosit biasanya normal atau sedikit meninggi, dan pada hitung jenis terdapat peninggian eosinofil.

Kadar IgG dan IgM dapat meninggi, C3 dan C4 normal atau sedikit menurun, dan dapat dideteksi adanya kompleks imun yang beredar.
Pemeriksaan histopatologik dapat ditemukan gambaran nekrosis di epidermis sebagian atau menyeluruh, edema intrasel di daerah epidermis, pembengkakan endotel, serta eritrosit yang keluar dari pembuluh darah dermis superfisial.
Pemeriksaan imunofluoresen dapat memperlihatkan endapan IgM, IgA, C3, dan fibrin. Untuk mendapat hasil pemeriksaan imunofluoresen yang baik maka bahan biopsi kulit harus diambil dari lesi baru yang berumur kurang dari 24 jam.

DIAGNOSIS BANDING
Nekrosis epidermal toksik (NET) dimana manifestasi klinis hampir serupa tetapi keadaan umum NET terlihat lebih buruk daripada SSJ.
Erythema Multiforme
Burns, Chemical
Burns, Ocular
Staphylococcal Scalded Skin Syndrome
Toxic Epidermal Necrolysis
Burns, Thermal
Dermatitis, Exfoliative
Toxic Shock Syndrome


PENATALAKSANAAN
Terapi suportif merupakan tata laksana standar pada pasien SSJ. Pasien yang umumnya datang dengan keadaan umum berat membutuhkan cairan dan elektrolit, serta kebutuhan kalori dan protein yang sesuai secara parenteral. Pemberian cairan tergantung dari luasnya kelainan kulit dan mukosa yang terlibat. Pemberian nutrisi melalui pipa nasogastrik dilakukan sampai mukosa oral kembali normal. Lesi di mukosa mulut diberikan obat pencuci mulut dan salep gliserin.

Untuk infeksi, diberikan antibiotika spektrum luas, biasanya dipergunakan gentamisin 5mg/kgBB/hari intramuskular dalam dua dosis. Pemberian antibiotik selanjutnya berdasarkan hasil biakan dan uji resistensi kuman dari sediaan lesi kulit dan darah.
Kortikosteroid diberikan parenteral, biasanya deksametason dengan dosis awal 1 mg/kgBB bolus, kemudian selama 3 hari 0,2-0,5 mg/kgBB tiap 6 jam, setelah itu diturunkan berangsur-angsur dan bila mungkin diganti dengan prednison per oral.

Pemberian kortikosteroid sistemik sebagai terapi SSJ masih kontroversial. Beberapa mengganggap bahwa penggunaan steroid sistemik pada anak bisa menyebabkan penyembuhan yang lambat dan efek samping yang signifikan, namun ada juga yang menganggap steroid menguntungkan dan menyelamatkan nyawa.
Penggunaan Human Intravenous Immunoglobulin (IVIG) dapat menghentikan progresivitas penyakit SSJ dengan dosis total 3 gr/kgBB selama 3 hari berturut-turut (1 gr/kgBB/hari selama 3 hari).

Dilakukan perawatan kulit dan mata serta pemberian antibitik topikal. Kulit dapat dibersihkan dengan larutan salin fisiologis atau dikompres dengan larutan Burrow. Pada kulit atau epidermis yang mengalami nekrosis dapat dilakukan debridement. Untuk mencegah sekuele okular dapat diberikan tetes mata dengan antiseptik.
Faktor penyebab (obat atau faktor lain yang diduga sebagai penyebab) harus segera dihentikan atau diatasi. Deteksi dari penyebab yang paling umum seperti riwayat penggunaan obat-obatan terakhir, serta hubungannya dengan perkembangan penyakit terutama terhadap episode SSJ, terbukti bermanfaat dalam manajemen SSJ.

Antibiotik spektrum luas, selanjutnya berdasarkan hasil biakan dan uji resistensi kuman dari sediaan lesi kulit dan darah.
Antihistamin bila perlu. Terutama bila ada rasa gatal. Feniramin hidrogen maleat (Avil) dapat diberikan dengan dosis untuk usia 1-3 tahun 7,5 mg/dosis, untuk usia  3-12 tahun 15 mg/dosis, diberikan 3 kali/hari.  Sedangkan untuk setirizin dapat diberikan dosis untuk usia anak 2-5 tahun : 2.5 mg/dosis,1 kali/hari;  > 6 tahun : 5-10 mg/dosis, 1 kali/hari. Perawatan kulit dan mata serta pemberian antibiotik topikal.
Bula di kulit dirawat dengan kompres basah larutan Burowi.
Tidak diperbolehkan menggunakan steroid topikal pada lesi kulit.
Lesi mulut diberi kenalog in orabase.
Terapi infeksi sekunder dengan antibiotika yang jarang menimbulkan alergi, berspektrum luas, bersifat bakterisidal dan tidak bersifat nefrotoksik, misalnya klindamisin intravena 8-16 mg/kg/hari intravena, diberikan 2 kali/hari.

PROGNOSIS
Pada kasus yang tidak berat, prognosisnya baik, dan penyembuhan terjadi dalam waktu 2-3 minggu. Kematian berkisar antara 5-15% pada kasus berat dengan berbagai komplikasi atau pengobatan terlambat dan tidak memadai. Prognosis lebih berat bila terjadi purpura yang lebih luas. Kematian biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit, bronkopneumonia, serta sepsis.


Itu sedikit penjelasan penyakit yang dialaminya , mungkin diluar logika tapi saksinya adalah keluarganya, sahabat-sahabatnya, bahkan Dia , dia yang menjengukku sebelum aku tiba pada hari ambang batas itu , ungkapnya.

Begitu parah kondisi ku selain dari ini juga , karena radang otakku itu ya aku pun mengalami meningitis ya itupun penyakit yang sangat mematikan, tapi aneh yak ok aku masih bertahan , aku bingung sama diriku, aku coma selama 1 bulan setengah di RSPAD Gatot Soebroto, aku hampir saja kehilangan nyaku , hingga pada saat sebelum aku mengalami coma dan akhirnya detik-detik terakhir ku untuk memilih antara aku harus ikut orang tua ku atau kah aku ikut Malaikat itu , ya malaikat yang sejak aku coma sudah berada disampingku menunggu hari itu hari dimana aku harus memilih antara kembali kedunia ataukah aku ikut dengannya, ku diambang batas .

 Ia dia mengalami coma hampir satu bulan lebih, semua dokter yang menanganinya sudah tak sanggup angkat tangan dia ditangani 12 dokter spesialis , dari berbagai rumah sakit ternama , dari RSCM sampai dokter dari rumah sakit Internasional , iya dari luar negeri mereka pun angkat tangan dengan kondisinya , Aku selama itu tidak makan sama sekali minumpun hanya lewat infuse, ungkapnya.
Dia hampir saja kehilangan penglihatannya bahkan sampaiakan kehilangan nyawanya, 1 berbanding 1000 di Negara ni yang mengalami penyakit ini, kemungkinan selamat pun hanya sedikit.

Sabtu 10 Maret 2012 bimo pun datang ke ruang ICU dimana itu mungkin hari terakhirku dapat melihat dia, ia setelah dia datang sorenya aku tak sadarkan diri kembali , ia intan tak sadarkan diri hingga dimana sapai di ambang batas itu tiba, bimo trauma karena setahun yang lalu diapun masuk ICU sama sepertinya pada saat sekarat ia dia hampir sekarat.

Sehari stelah anak-anak potret datang menjengukku dia datang namun dia tak mau melihatku tak mau masuk kedalam ruangan ini, ia ruangan yang menurut dia itu sangat menyeramkan mengingatkannya setahun lalu iya terbaring percis sama sepertiku saat ini, sebelum ia datang ke rumah sakit ini sepanjang perjalanan aku tak tau bagaimana khawatirnya dia padaku, ku hanya mendapatkan kabar dari kakak ku bahwa dia akan datang , tapi aku tak percaya sebelum ada buktinya karena aku selama sakit tak member tahunya, ia benar aku loss contact dengannya semenjak aku terima tantangannya dia itu sebulan sebelum aku benar-benar masuk ICU.

Sengaja aku tak member tahunya karena aku tak mau dia khawatirkan kondisiku, ku berusaha kuat di hadapannya saat dia datang melihatku dari pintu kaca kamar dimana aku dirawat, ku lihat dari kejauhan dia menangis aku tak dapat melihat jelas air matanya jatuh karena pandangan mataku mulai tak kuat memandangnya, posisi tidurku pun miring karena luka di sekijur tubuhku bila tergesek sedikit maka darah akan banyak keluar, apalagi aku berbicara darah dari bibir dan mulut akan keluar begitu derasnya aku hampir kehilangan penglihatanku karena penyakit ini.

Ku menatapnya namun dia memalingkan pandangan mungkin jiji dengan kondisi sampai dia tak mau masuk untuk sekedar memberi semangat kepadaku, disini aku sedikit kecewa namun apa daya aku memang tak kuat untuk berbicara dan sekedar memanggil mengucapkan namanya untuk mendekat, itupun aku tak sanggup. Dia lalu keluar dari Ruangan ini lalu aku tak tahu selanjutnya setelah sore itu dia datang menghampiriku malamnya aku tak sadarkan diri lagi selama berhari-hari hingga pada saatnya detak nadiku melemah, maut menghampiriku dia tak tau aku sedang menantang maut untuk kembali seperti dulu mungkin dia tau namun tak dapat melihatku langsung, aku ingin kamu ada disini begitu sakit yang kurasa , aku ingin kamu disisiku kenapa kamu pulang kenapa kamu tak disini , aku bertanya-tanya  dan begitu kesakitan yang kurasakan .

No comments:

Post a Comment